Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindad Siapkan Maung Bermesin Ford, Isuzu, dan Tata

Kompas.com - 26/02/2021, 08:52 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad (Persero) dalam waktu dekat akan mulai memasarkan Maung versi sipil. Dengan demikian, kendaraan taktis ringan (rantis) ini bisa dibeli masyarakat umum.

Namun jelang proses komersialiasi yang dijadwalkan pada pertengahan 2021, rupanya Pindad saat ini sedang mencari ramuan baru bagi sektor dapur pacu Maung.

Abraham Mose, Direktur Utama PT Pindad (Persero) mengatakan, pihaknya sedang melakukan pengujian mesin diesel dari beberapa merek di luar Toyota.

"Betul, jadi kami sekarang itu sedang melakukan pengetesan mesin lain untuk Maung. Untuk base engine-nya tetap diesel dan kapasitanya juga tidak beda dari yang sekarang Maung pakai (Toyota Hilux)," ujar Abrahama saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Keran Pemesanan Belum Dibuka, Bagaimana Cara Beli Maung Versi Sipil?

Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.

 

Saat ditanya menggunakan mesin merek apa saja, Abraham menyebutkan sejauh ini ada tiga kandidat yang memiliki potensi untuk diaplikasi ke Maung nantinya.

Ketiganya adalah mesin diesel milik Isuzu, Tata Motors, dan Ford yang diklaim langsung didatangkan dari Thailand.

Namun untuk tipe mesin dieselnya sendiri, Abraham mengaku tidak begitu mengingat, hanya saja secara kubikasi tidak jauh berbeda dengan Hilux.

"Sekarang ini ada 10 unit Maung yang kita tes menggunakan varian mesin diesel lain. Kandidatnya itu ada dari dieselnya Ford, lalu Isuzu D-Max, dan punya Tata juga kita tes," ucap Abraham.

Baca juga: Pakai Mesin Toyota Hilux, Maung Pindad Bisa Servis di Bengkel Resmi?

Menurut Abraham, bila hasil pengujiannya cukup baik, maka Pindad juga akan mengaplikasi mesin-mesin tersebut untuk Maung yang bakal dijadikan sebagai pilihan untuk calon konsumennya.

Kendaraan taktis ringan (Rantis) Maung Pindad resmi diserahkan ke TNI ADRANTIS MAUNG/PINDAD Kendaraan taktis ringan (Rantis) Maung Pindad resmi diserahkan ke TNI AD

"Kurang lebih kita jadikan seperti varian, selain Hilux ada pilihan mesin diesel juga dari merek-merek tadi, dan pastinya akan menjadi faktor penentu untuk kisaran harga Maung nanti," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com