Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Helm Full Face, Jangan Sampai Kekecilan

Kompas.com - 22/02/2021, 13:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

 

JAKARTA, KOMPAS.comHelm merupakan peranti keselamatan yang harus dikenakan pengendara motor. Fungsi helm yakni meredam benturan jika terjadi kecelakaan, sehingga kepala pengendara tidak mengalami luka parah.

Salah satu model helm yang direkomendasikan karena keamanannya adalah full face. Helm ini melindungi seluruh bagian dari kepala, mulai dari muka sampai dagu. Namun ada beberapa tips bagaimana memilih helm full face yang pas.

Pegiat dari Komunitas Belajar Helm Ahmad M mengatakan, ukuran helm itu harus pas di kepala, tidak boleh terlalu sempit maupun kelonggaran.

Baca juga: Seberapa Aman Mobil Listrik Bisa Melintasi Banjir?

RSV SV500DOK. RSV HELMET RSV SV500
RSV SV500DOK. RSV HELMET RSV SV500

“Sebab ketika sempit akan membuat pengendara merasa pusing karena kening dan telinga yang tertekan. Pada akhirnya ganggu konsentrasi ketika berkendara," kata Ahmad kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sedangkan helm yang terlalu longgar tidak disarankan karena ketika terjadi benturan, kepala tidak benar-benar dilindungi oleh helm. Kepala akan terguncang membentur dinding pada busa helm yang berpotensi mengakibatkan cedera dalam.

"Jadi sangat penting untuk melakukan fitting ketika membeli helm. Sesekali, helm digoyang-goyangkan dan rasakan apakah kening dan telinga terasa sakit atau tidak," kata Ahmad.

Baca juga: Viral Video Sopir Angkot Ketiduran Hingga Tabrak Mobil Lain

RSV Luncurkan RSV SV500

RSV SV500DOK. RSV HELMET RSV SV500
RSV SV500DOK. RSV HELMET RSV SV500

Mengawali semester 1 di tahun 2021, RSV Helmet salah satu produsen helm sepeda motor asal Indonesia resmi meluncurkan varian terbaru yang disebut RSV SV500.

RSV SV500 yang hadir dengan tiga motif ini telah memiliki tiga sertifikasi, yakni Standar Nasional Indonesia (SNI), Departmen Of Transportation (DOT) dan Economic Commision for Europe (ECE).

"Kami yakin RSV SV 500 ini akan menjadi pilihan lain bagi customer RSV atau pengguna motor pada umumnya untuk dapat menggunakan helm sesuai dengan kebutuhannya masing-masing,” ungkap Richard Ryan, Executive Director dari RSV Helmet Indonesia dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (22/2/2021).

RSV SV500DOK. RSV HELMET RSV SV500
RSV SV500DOK. RSV HELMET RSV SV500

RSV SV500 terbuat dari material ABS murni 100 persen dengan bobot kurang lebih 1,58 kg dan menawarkan Flat visor bermaterial polycarbonate anti scratch, chin strap berjenis DD-Ring, Chin Curtain dan busa berbahan nyaman untuk kepala serta dapat mudah dilepas (Removable padding).

Selain itu, varian terbaru dari RSV Helmet ini turut dilengkapi dengan Emergency quick release system dan juga kenyamanan tambahan berupa double visor, sedangkan visor dalam berjenis gelap (daksmoke).

RSV SV500 resmi dijual dengan harga Rp. 950 ribu dengan ditawarkan berbagai ukuran helm, yakni MD/M 57 - 58, LG/L 59 - 60, XL 61 - 62 dan XXL 63 – 64.

Baca juga: Triton Salah Masuk Gigi dan Masuk Sungai, Kenali Kendaraan Sebelum Nyetir

Para calon pembeli sudah bisa didapatkan di jaringan Store RSV Helmet yang berlokasi di Flagship Store Kebon Jeruk Jakarta, Kalimalang (KTM Kalimalang), Depok, Buah Batu Bandung dan Cikutra Bandung.

Serta lewat official website RSV Helmet www.rsvhelmets.co.id dan official store di Tokopedia, Blibli.com, Shopee, Bukalapak dan JD.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com