Pertolongan Pertama pada Kabin Mobil yang Terendam Banjir

Kompas.com - 20/02/2021, 16:02 WIB
Sebuah mobil HRV usai dievakuasi dari genangan banjir di Jalan Kemang Raya, Sabtu (20/2/2/2021). KOMPAS.com/IhsanuddinSebuah mobil HRV usai dievakuasi dari genangan banjir di Jalan Kemang Raya, Sabtu (20/2/2/2021).

JAKARTA, KOMPAS.comBanjir kembali melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hujan deras yang berlangsung sejak Jumat (19/2/2021) hingga Sabtu (20/2/2021) pagi membuat berbagai wilayah terendam.

Selain merendam rumah, mobil yang ada di garasi pun jadi korbannya. Ketinggian banjir yang sampai di atas satu meter, tentu air bisa masuk ke kabin lewat selah-selah pintu sampai kaca.
Lalu bagaimana pertolongan pertama pada kabin mobil yang terendam?

CEO Makko Group Christopher Sabastian mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pertolongan pertama kabin, yaitu cabut kelistrikan mobil dan evakuasi tanpa menyalakan mesinnya.

Baca juga: Daihatsu Sayangkan Banyak Pihak Salah Perhitungkan PPnBM Nol Persen

Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.Mivecblog.com Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.

"Bila interior sudah terendam air, jok sampai kacanya, jangan diapa-apakan dahulu. Paling karpetnya saja yang bisa dilepas sendiri dan bersihkan sampah yang ikut masuk," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian, jika masih ada air yang menggenang, segera kuras sampai kering. Hal ini bisa dilakukan sembari menunggu mobil dievakuasi oleh bengkel resmi untuk dibersihkan lebih lanjut.

"Membersihkannya bisa menggunakan microfiber. Semua itu dilakukan dalam keadaan mobil diam, jangan dinyalakan," ujar Christopher.

Baca juga: Meski Pakai Mesin Toyota Hilux, Auto2000 Tak Bisa Maksimal Servis Maung Pindad

Selain itu, Operator Manager Autospa Bekasi Ario Hadi mengatakan, kerusakan bisa terjadi jika melakukan pembersihan interior tanpa berhat-hati.

"Busa jok bisa ikutan rembes, interior jadi lecet halus dan tidak bisa hilang, dan sebagainya. Masalah elektrik juga bisa terjadi karena kabel tidak dibersihkan dengan benar. Lebih baik serahkan bagian itu kepada ahlinya," kata dia.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X