Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Sejarah Warna Ikonik Tricolor Honda

Kompas.com - 17/02/2021, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini Repsol Honda di MotoGP boleh jadi warna yang sangat populer di dunia balap. Apalagi setelah Marc Marquez juara dunia berkali-kali.

Tiap peluncuran motor baru Honda, livery Repsol juga kerap ditanyakan konsumen. Bisa dikatakan warna orange-merah yang dipakai Marquez identik dengan Honda.

Meski demikian sebelum ada Repsol Honda, pabrikan punya warna ikonik sendiri yaitu Honda tricolor, paduan merah putih dan biru atau red white blue (RWB).

Baca juga: Heboh Warga Satu Kampung Beli Ratusan Mobil Baru, Diler Kewalahan

Honda NR500Foto: global.honda Honda NR500

Seperti diketahui Honda identik dengan warna merah, tapi di dunia balap yang ikonik ialah RWB. Bahkan warna RWB ini juga dipakai oleh Honda Racing Corporation (HRC).

RWB merupakan warna tim balap Honda sejak lama. Paduan warna legendaris ini telah menjadi ikon sejak puluhan tahun lalu sebagai representasi kekuatan teknologi balap Honda.

RWB bermula dari keikutsertaan Honda pada ajang balap legendaris Isle of Man TT di tahun 1959 dengan mesin yang didominasi warna merah.

Honda TricolorFoto: global.honda Honda Tricolor

Warna ini kemudian populer pada sekitar 1970, di saat pebalap Honda mulai memperkenalkan kombinasi tiga warna merah, biru, dan putih pada baju balapnya.

Pada 1973, sepeda motor pertama Honda yang menggunakan paduan warna merah, biru, dan putih tersemat pada Honda CB750 yang digunakan pada ajang Daytona 200 mile di Amerika Serikat.

Baca juga: Kata Komunitas Soal Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Evolusi kemudian berlanjut, hingga pada 1980 era warna Tricolor semakin mendunia.

Tersedia dalam dua pilihan warna hitam karbon dan Tricolor-Honda.Donny Apriliananda/Kompas.com Tersedia dalam dua pilihan warna hitam karbon dan Tricolor-Honda.

Motor Honda dengan warna ikonik merah, putih, dan biru makin banyak dijumpai pada ajang balap dan menjadi simbol kekuatan balap Honda.

Beberapa diantaranya ialah kejuaraan World GP 1979 dan Honda XR500R yang berhasil menjuarai Reli Paris-Dakkar 1982.

Terinpirasi dari semangat balap warna Tricolor kini diaplikasikan pada beragam motor Honda yang dipasarkan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com