Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lakukan Hal Ini jika Motor Mogok Usai Terjang Banjir

Kompas.com - 26/01/2021, 08:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat hujan deras berlangsung cukup lama, tak jarang terjadi genangan air yang tinggi atau banjir. Banyak juga pengendara sepeda motor nekat melewati banjir tersebut.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, jika nekat menerabas banjir atau genangan air yang cukup tinggi dan motor mengalami mogok, sebaiknya motor jangan langsung dinyalakan.

Baca juga: Hujan Deras, Sejumlah Akses Jakarta Terendam Banjir

“Sangat tidak disarankan untuk langsung menyalakan mesinnya, khawatir bagian kelistrikan masih banyak airnya,” kata Endro, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Motor terabas banjirFoto: Motorplus-online Motor terabas banjir

Endro menambahkan, jika ingin coba dinyalakan, pastikan dulu sebelumnya kondisi motor benar-benar kering, terutama di bagian saringan udaranya.

Sebab, jika saringan atau filter sampai basah, lalu mesin coba dinyalakan dengan menggunakan kick starter, air yang terserap di filter berpotensi masuk ke ruang mesin.

“Kalau punya kemampuan, bisa periksa komponen kelistrikan, saringan udara, busi, knalpot, baterai, sampai karburator jika motornya belum injeksi. Namun jika tidak, segera bawa ke bengkel resmi terdekat,” ujar Endro.

Baca juga: Batas Aman Motor kalau Terjang Banjir

Setelah itu, cek kondisi oli mesin. Pastikan oli mesin masih dalam kondisi normal, bisa dilihat dari warnanya yang belum berubah. Jika sudah berubah seperti kopi susu atau mulai keputih-putihan, jangan tunda ganti oli.

“Lalu untuk oli, kalau sudah tercampur air, langsung diganti. Jangan menunda pengecekan jika motor sudah terendam banjir dalam waktu yang cukup lama,” kata Endro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com