Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Nekat, Ini Batas Aman Motor Bisa Terjang Banjir

Kompas.com - 26/01/2021, 07:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, intensitas hujan cukup tinggi di beberapa wilayah. Banjir pun kadang terjadi di beberapa titik. Tak sedikit pengendara motor yang nekat menerabas banjir.

Endro Sutarno, Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, motor tetap bisa melintasi banjir, selama air tidak masuk knalpot.

Baca juga: Hujan Deras, Sejumlah Akses Jakarta Terendam Banjir

“Selama ketinggian air masih di bawah ujung knalpot, sepeda motor masih aman saat melintasi lokasi banjir,” kata Endro, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Seorang warga mendorong sepeda motor yang mogok saat melintasi banjir di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang pada Jumat (4/12/2020).KOMPAS.COM/DEWANTORO Seorang warga mendorong sepeda motor yang mogok saat melintasi banjir di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang pada Jumat (4/12/2020).

Endro menambahkan, para pengendara motor perlu mengetahui dan memperhitungkan apakah jalan tersebut aman untuk dilewati. Jangan memaksakan untuk lewat agar tidak mogok di tengah-tengah banjir.

"Jika ketinggian air banjir melebihi dari ujung knalpot, lebih baik pengendara berputar dan tidak nekat melintasinya," ujar Endro.

Baca juga: Sering Salah Kaprah, Mobil Mesin Diesel Bukan Berarti Tahan Banjir

Jika nekat menerabas banjir atau genangan air yang cukup tinggi dan motor mengalami mogok, Endro mengatakan, sebaiknya motor jangan langsung dinyalakan.

"Kalau punya kemampuan, bisa periksa komponen kelistrikan, saringan udara, busi, knalpot, baterai, sampai karburator jika motornya belum injeksi,” kata Endro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com