Jangan Nekat, Ini Batas Aman Motor Bisa Terjang Banjir

Kompas.com - 26/01/2021, 07:12 WIB
Seorang warga mendorong sepeda motor yang mogok saat melintasi banjir di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang pada Jumat (4/12/2020). KOMPAS.COM/DEWANTOROSeorang warga mendorong sepeda motor yang mogok saat melintasi banjir di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang pada Jumat (4/12/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, intensitas hujan cukup tinggi di beberapa wilayah. Banjir pun kadang terjadi di beberapa titik. Tak sedikit pengendara motor yang nekat menerabas banjir.

Endro Sutarno, Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, motor tetap bisa melintasi banjir, selama air tidak masuk knalpot.

Baca juga: Hujan Deras, Sejumlah Akses Jakarta Terendam Banjir

“Selama ketinggian air masih di bawah ujung knalpot, sepeda motor masih aman saat melintasi lokasi banjir,” kata Endro, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Seorang warga mendorong sepeda motor yang mogok saat melintasi banjir di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang pada Jumat (4/12/2020).KOMPAS.COM/DEWANTORO Seorang warga mendorong sepeda motor yang mogok saat melintasi banjir di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang pada Jumat (4/12/2020).

Endro menambahkan, para pengendara motor perlu mengetahui dan memperhitungkan apakah jalan tersebut aman untuk dilewati. Jangan memaksakan untuk lewat agar tidak mogok di tengah-tengah banjir.

"Jika ketinggian air banjir melebihi dari ujung knalpot, lebih baik pengendara berputar dan tidak nekat melintasinya," ujar Endro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sering Salah Kaprah, Mobil Mesin Diesel Bukan Berarti Tahan Banjir

Jika nekat menerabas banjir atau genangan air yang cukup tinggi dan motor mengalami mogok, Endro mengatakan, sebaiknya motor jangan langsung dinyalakan.

"Kalau punya kemampuan, bisa periksa komponen kelistrikan, saringan udara, busi, knalpot, baterai, sampai karburator jika motornya belum injeksi,” kata Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.