Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saingi Tesla, Produsen Asal China Luncurkan Mobil Listrik Nio ET7

Kompas.com - 12/01/2021, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Produsen mobil asal China, Nio, meluncurkan model sedan listrik pertamanya. Pabrikan ini berencana untuk memperluas jajaran produk dan menarik lebih banyak pelanggan.

Meluncurnya Nio ET7 di Chengdu, bagian barat China, dilakukan ketika Tesla mulai menjual crossover Model Y yang notabene juga buatan Tiongkok.

Dilansir dari Carscoops, ET7 akan dijual dengan harga perkenalan 378.000 yuan atau setara Rp 830 jutaan untuk model tanpa baterai.

Baca juga: Ini Syarat Bepergian Naik Mobil Pribadi Selama PSBB Jawa-Bali

Konstruksi baterai mobil listrik Nio ET7CARSCOOPS.com Konstruksi baterai mobil listrik Nio ET7

Sebagai komponen paling mahal, baterai mobil listrik di China bisa diperoleh dengan cara menyewa dari perusahaan energi.

Apalagi Nio telah memiliki layanan penggantian baterai yang diklaim tercepat di dunia. Teknologi yang disebut Power Swap Station 2.0, memungkinkan pertukaran otomatis sepenuhnya dalam waktu kurang dari 3 menit.

Sementara untuk model dengan baterai, ET7 dibanderol mulai 448.000 yuan atau setara Rp 983 jutaan.

Baca juga: Jarak Tempuh Jakarta-Pelabuhan Patimban Hanya 2 Jam, Lebih Efisien Dibanding Tanjung Priuk

CEO Nio William Li saat peluncurkan mobil listrik Nio ET7CARSCOOPS.com CEO Nio William Li saat peluncurkan mobil listrik Nio ET7

William Li, CEO Nio, mengatakan, teknologi baru pada baterai ET7 dapat memberikan jarak tempuh yang lebih jauh mencapai 621 mil atau setara 1.000 km.

Mobil listrik ini memiliki tenaga 644 tk dan torsi 850 Nm, serta dapat berakselerasi dari 0-100 kpj dalam 3,9 detik.

Menurut Li, ET7 telah dilengkapi dengan ‘sensor lidar’ yang dapat membaca lingkungan sekitar. Fitur ini merupakan teknologi otonom baru, sesuatu yang justru dihentikan CEO Tesla Elon Musk.

Baca juga: Masih Jadi Incaran, Harga Kijang Kapsul Bekas Mulai Rp 30 Jutaan

Mobil listrik Nio ET7CARSCOOPS.com Mobil listrik Nio ET7

Berbeda dengan teknologi otonom Tesla yang memakai kamera 1.2 megapiksel, Nio didukung resolusi kamera 8 megapiksel dan chip pemrosesan Nvidia yang menawarkan kekuatan 7 kali lebih besar daripada komputer self-driving Tesla.

Menurut laporan Automotive News, pada tahun lalu Nio berhasil mengirimkan 43.728 unit kendaraan sepanjang 2020.

Jumlah ini memiliki nilai kapitalisasi pasar lebih dari 92 miliar dolar AS, yang melampaui produsen mobil konvensional seperti Daimler dan General Motors.

Sebelumnya, Nio telah memiliki tiga SUV dalam portofolio. Semua produk Nio sebelumnya diproduksi dari pabrik di Hefei, China bagian timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com