Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jorge Lorenzo Ingin Disebut Juara Dunia Selamanya

Kompas.com - 07/12/2020, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jorge Lorenzo sudah memutuskan untuk pensiun sejak akhir musim 2019. Sempat menjadi test rider Yamaha, tapi mulai 2021, dirinya tidak mendapat porsi apapun.

Selama karirnya di dunia balap, Lorenzo sudah meraih beberapa kali gelar juara dunia. Di kelas 250 cc pada 2006 dan 2007, sedangkan di kelas MotoGP pada 2010, 2012, dan 2015.

Baca juga: Makin Panas, Lorenzo Sebut Crutchlow Lebih Sering Jatuh daripada Juara

Lorenzo mengatakan, ungkapan mantan juara untuk pebalap MotoGP adalah salah. Menurutnya, jika seseorang sudah menjadi juara, maka hal itu berlaku untuk selamanya.

Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, PortugalYamaha MotoGP Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, Portugal

"Sebagai contoh, akan benar untuk mengatakan mantan atlet atau mantan menteri. Tapi, mantan juara dunia tidaklah benar," ujar Lorenzo, dikutip dari Speedweek.com.

Lorenzo menjelaskan, gelar juara dunia MotoGP merupakan gelar yang tidak akan pernah berhenti dimiliki. Sama saja seperti seseorang yang mendapatkan Nobel Prize atau piala Oscar.

Baca juga: Lorenzo Masih Mangkel dengan Yamaha

"Jika dia meraihnya 20 tahun lalu, bukan berarti disebut mantan pemenang Oscar atau nobel Prize. Begitu pula dengan juara dunia," kata Lorenzo.

Namun, Lorenzo membuat pengecualian pada olahraga tinju, di mana gelar juara dunia tidak terhubung dengan musim, tapi harus dipertahankan terus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com