Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor Honda CR-V Bakal Jadi Mobil Listrik pada 2024

Kompas.com - 27/11/2020, 16:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah pabrikan otomotif mulai gencar memasarkan mobil listrik. Pabrikan Jepang yang biasanya memilih model-model hybrid maupun plug-in hybrid pun tak mau ketinggalan mengembangkan mobil ramah lingkungan ini.

Dilansir dari Best Car Web, salah satu pabrikan itu ialah Honda. Menurut laporan terbaru, kabarnya Honda akan mengubah model-model favoritnya menjadi electric vehicle (EV), seperti misalnya CR-V, Accord, hingga NSX.

Menariknya, Honda sebetulnya telah memiliki CR-V model hybrid dan PHEV yang sudah ditampilkan pada Beijing Motor Show.

Baca juga: Dari Avanza sampai Mercy, Mobil Bekas Taksi Ramai Dicari Saat Pandemi

Honda CR-V PHEV meluncur di ajang Auto China 2020Honda Global Honda CR-V PHEV meluncur di ajang Auto China 2020

Namun hanya berselang beberapa bulan usai pameran tersebut, Honda rumornya bakal menghadirkan CR-V model listrik.

Beberapa sumber mengatakan, kehadiran CR-V dan Accord EV akan menggandeng kerja sama dengan GM, khususnya buat pasar Honda di Amerika Utara serta Eropa.

Insinyur GM kabarnya juga diberi tugas untuk menciptakan drivetrain listrik yang mungkin cocok untuk model Honda lainnya.

Baca juga: Mobil Listrik Menciptakan Ancaman Bagi Industri Komponen Lokal

Mesin hybrid terbaru yang digunakan Honda City di Malaysia.https://www.honda.com.my/ Mesin hybrid terbaru yang digunakan Honda City di Malaysia.

Sebelumnya, Honda telah meluncurkan mobil listrik murni Honda e untuk pasar Eropa pada September 2020. Mobil ini dijual 29.470 euro atau sekitar Rp 458 jutaan.

Sementara CR-V PHEV diperkenalkan di China pada Oktober lalu. SUV ini rencananya akan dijual secara massal pada 2021 mendatang.

CR-V PHEV mengusung dapur pacu generasi terbaru yang dijuluki Sport Hybrid i-MMD. Mesin ini punya teknologi yang sama dengan City terbaru yang hadir di Malaysia.

Dengan kehadiran dua motor listrik, mobil ini diklaim memberikan rasa berkendara paling mirip dengan EV. Di mana semua area berkendara sehari-hari, termasuk kinerja mengemudi, respons tenaga, dan keheningannya identik dengan mobil listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com