Viral Video Ambulans Tabrak Polisi di Banyuwangi

Kompas.com - 27/11/2020, 13:06 WIB
video mobil ambulans menabrak polisi di Banyuwangi viral di media sosial. ari purnomovideo mobil ambulans menabrak polisi di Banyuwangi viral di media sosial.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video tabrakan antara mobil ambulans dengan seorang polisi lalu lintas di Banyuwangi viral di media sosial.

Dari informasi yang beredar di ketahui kejadian tersebut terjadi di jalan Brawijaya, tepatnya di simpang empat Cungking, Mojopanggung, Giri, Banyuwangi, Kamis (26/11/2020).

Berdasarkan video yang beredar mobil ambulans melaju dari arah Selatan menuju utara. Hanya saja, jalur yang dilewati merupakan jalur berlawanan arah.

Sementara dari arah berlawanan melaju pengendara motor yang merupakan anggota polisi. Akhirnya tabrakan pun tidak terhindarkan.

Baca juga: Liburan Akhir Tahun Merangsang Penjualan Mobil Bekas

Kerasnya benturan yang terjadi antara kedua kendaraan membuat anggota polisi yang mengendarai Honda PCX terpental.

Ilustrasi kecelakaan lalu lintasgas2.org Ilustrasi kecelakaan lalu lintas

Kejadian ini pun memunculkan berbagai komentar dari netizen terkait siapa yang salah dalam kejadian tersebut.

Menurut Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mobil ambulans memang menjadi salah satu jenis kendaraan yang mendapatkan prioritas dalam penggunaan jalan dan diatur dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

“Seberapapun daruratnya orang, seberapapun hak prioritasnya orang mereka tidak punya hak diskresi dalam rekayasa lalu lintas,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Mobil Bekas Rp 60 Jutaan di Balai Lelang, Ada Xenia, Avanza, dan BMW

Dari konteks ini, Jusri melanjutkan, ada tujuh pengguna jalan yang mendapatkan hak prioritas dari pengguna jalan lain dan salah satunya adalah mobil ambulans.

“Misalkan ada ambulans lewat kita harus minggir, ada tamu negara, pejabat negara kita minggir dulu. Tetapi kendaraan tersebut tidak punya hak diskresi,” ucapnya.

Tangkapan layar video yang menampilkan mobil ambulans yang melaju dengan melawan arus hingga menabrak sepeda motor yang dikendarai anggota polisi.FACEBOOK Tangkapan layar video yang menampilkan mobil ambulans yang melaju dengan melawan arus hingga menabrak sepeda motor yang dikendarai anggota polisi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X