Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Putuskan Tidak Ada Pengganti Rossi

Kompas.com - 18/10/2020, 18:14 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

ARAGON, KOMPAS.com - Tim Monster Energy Yamaha mengonfirmasi tetap tidak akan memakai pebalap pengganti untuk menggantikan posisi Valentino Rossi di GP Teruel (Aragon II) akhir pekan depan.

Mengutip MotoGP.com, opsi tersebut dilakukan Yamaha karena mempertimbangkan kondisi saat ini, sebab selain Rossi ada beberapa teknisi yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Baca juga: Yamaha Sebut Lorenzo Belum Pantas Gantikan Rossi

Jika ada pebalap baru yang menggantikannya maka di satu sisi akan menambah beban kru dan teknisi tim. Sedangkan saat ini sebagian fokus sedang terpecah menghadapi virus Covid-19.

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat bersiap-siap menjalani sesi latihan MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada 26 Oktober 2019.AFP/PETER PARKS Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat bersiap-siap menjalani sesi latihan MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada 26 Oktober 2019.

Selain soal beban teknisi, Yamaha mengonfirmasi bahwa pihaknya tidak akan memakai pebalap pengganti karena mengikuti peraturan FIM World Championship Grand Prix Ragulations, pasal 1.11.3.

Pasal tersebut berbunyi:

“Tim harus melakukan segala upaya yang wajar untuk menyediakan pebalap pengganti yang memenuhi syarat untuk memenuhi keikutsertaan mereka dalam waktu 10 hari setelah pebalap menarik diri.”

Baca juga: Valentino Rossi Positif Covid-19

Kebiasaan yang dilakukan Valentino Rossi sebelum memulai balapan.AFP/PETER PARKS Kebiasaan yang dilakukan Valentino Rossi sebelum memulai balapan.

 

Rossi baru mengundurkan diri di GP Aragon pada Jumat 16 Oktober. Artinya jika ditambah 10 hari mengikuti peraturan maka baru bisa tercapai Senin 26 Oktober, satu hari setelah hari balapan pada Minggu 25 Oktober 2020.

Yamaha mengatakan, untuk dua seri ini baik di GP Aragon dan GP Teruel akan fokus pada Maverick Vinales.

Seperti diketahui, Rossi positif terpapar virus Covid-19. Konfirmasi itu dia sampaikan sendiri lewat media sosial pada Kamis malam, (15/10/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com