Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Positif Covid-19, Jadi Berita Buruk buat Yamaha

Kompas.com - 16/10/2020, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber MotoGP

ARAGON, KOMPAS.com - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, mengatakan bahwa kabar Valentino Rossi positif terpapar Covid-19 merupakan kabar yang sangat buruk buat tim.

Sebelum Rossi, enam teknisi Yamaha juga dikarantina karena Covid-19. Satu orang positif terpapar yang membuat lima teknisi lainnya harus melakukan isolasi mandiri.

“Ini adalah berita yang sangat buruk untuk Valentino dan berita yang sangat buruk untuk tim Monster Energy Yamaha MotoGP dan semua penggemar MotoGP di seluruh dunia," kata Jarvis mengutip MotoGP.com, Jumat (16/10/2020).

Baca juga: Menanti Podium Ke-200, Rossi Pesimistis Sambut Aragon dan Valencia

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi di Sirkuit Le Mans, Perancis.AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi di Sirkuit Le Mans, Perancis.

"Pertama dan terpenting kami berharap Valentino tidak akan terlalu menderita dalam beberapa hari mendatang dan akan pulih sepenuhnya dalam waktu sesingkat mungkin," katanya.

"Itu menjadi pukulan kedua bagi tim MotoGP kami setelah pemimpin proyek (Takahiro) Sumi dan lima insinyur Yamaha absen di Le Mans setelah satu orang dinyatakan positif, meski tidak menunjukkan gejala," katanya.

“Kedua insiden ini mengingatkan kita bahwa tidak peduli seberapa berhati-hati Anda, risiko terpapar selalu ada seperti yang kita lihat dengan meningkatnya jumlah infeksi di Eropa saat ini," kata Jarvis.

Baca juga: Rossi Bilang Balapan MotoGP Aragon Selalu Sulit

Valentino Rossi saat merayakan podium MotoGP Perancis 2018 di Sirkuit Le Mans, 20 Mei 2018. Kala itu, Rossi memulai balapan dari urutan kesembilan.AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Valentino Rossi saat merayakan podium MotoGP Perancis 2018 di Sirkuit Le Mans, 20 Mei 2018. Kala itu, Rossi memulai balapan dari urutan kesembilan.

"Kami telah memeriksa dengan otoritas kesehatan Italia dan kami telah diberi tahu bahwa setiap anggota tim kami yang melakukan kontak dengan Valentino hingga Senin tidak termasuk dalam risiko langsung," katanya.

Alasannya, selama Rossi tinggal di rumahnya dari Minggu (11/10/2020) malam hingga Kamis (15/10/2020) saat dinyatakan positif, The Doctor belum berhubungan dengan siapa pun yang saat ini akan hadir di GP Aragon.

Rossi belum bertemu atau melakukan kontak langsung mulai dari pebalap VR46 Academy, staf VR46, serta anggota tim Monster Energy Yamaha MotoGP.

"Namun demikian, kami akan lebih memperhatikan mulai sekarang untuk meminimalkan kemungkinan masalah di masa mendatang,” kata Jarvis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com