Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kriteria Sepatu yang Aman untuk Naik Motor

Kompas.com - 13/10/2020, 12:01 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepatu menjadi salah satu perangkat keamanan yang wajib dikenakan oleh pengendara ketika naik sepeda motor.

Perangkat pengaman kaki ini mempunyai peran yang cukup vital ketika berkendara di jalan raya. Tujuannya, yakni untuk mencegah terjadinya trauma berat pada kaki ketika terjadi kecelakaan.

Untuk memaksimalkan fungsi dari alas kaki ini, sebaiknya sepatu yang digunakan juga sesuai dengan standar keamanan yang ada.

Sepatu yang digunakan oleh pengendara kendaraan roda dua mempunyai beberapa kriteria khusus yang harus dipenuhi agar kaki terhindar dari cedera berat atau lebih serius.

Baca juga: Ini Sanksi Buat Pengendara yang Tak Punya SIM

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, alas kaki menjadi perangkat yang bisa menjaga kaki dari beberapa ancaman.

Motor custom Royal Enfield Classic 350 bergaya neo-retro bobberGaadiwaadi.com Motor custom Royal Enfield Classic 350 bergaya neo-retro bobber

Seperti luka yang disebabkan benda tajam, kuman, dan juga berbagai potensi bahaya yang bisa terjadi pada kaki.

“Ketika naik motor perlu alas kaki, karena saat motor stop and go kan kakinya turun, sehingga bersentuhan dengan alas yang bermacam-macam, bisa panas, kotor, kasar bahkan tajam,” ujar Sony kepada Kompas.com, Senin (12/10/2020).

Untuk itu Sony menyarankan agar pengendara mengenakan sepatu yang bisa mengamankan bagian kaki, tidak hanya telapaknya tetapi juga bagian lainnya.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Penerbitan STNK Baru

“Sepatu yang direkomendasikan adalah yang tertutup rapat dan kalau bisa sampai di atas mata kaki,” kata .

Kemudian, Sony menambahkan, sepatu yang dipakai oleh pengendara sebaiknya juga pas tidak longgar dan tidak menggunakan tali.

Terpisah, instruktur safety riding dari Wahana Makmur Sejati (WMS) main diler Honda Jakarta-Tangerang Agus Sani mengatakan, model sepatu yang aman bagi pemotor adalah yang menutup hingga mata kaki.

Karena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutikFoto: Wahana/Istimewa Karena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutik

“Sepatu yang menutup hingga mata kaki bisa mengurangi (potensi) benturan ketika terjadi kecelakaan,” katanya.

Jika mata kaki, lanjut Agus, mengalami cedera saat terjadi kecelakaan maka penyembuhannya bisa memakan waktu lama. Dan bahkan, bagian tersebut bisa mengalami luka yang serius.

“Selama sepatu yang digunakan menutupi mata kaki, maka itulah sepatu yang aman buat berkendara. Sebab bukan hanya melindungi jari atau tumit dan bagian kaki yang lain, tapi juga menjaga pergelangan kaki,” tuturnya.

Baca juga: Saat Bayar Pajak STNK Asli Hilang, Bisa Pakai Foto Copy?

Agus menambahkan, pengendara motor jenis bebek dan sport juga disarankan untuk menggunakan sepatu yang ada haknya.

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga grip antara sepatu dengan footstep atau pijakan kaki pengendara.

“Hak sepatu bermanfaat agar tidak licin saat kondisi basah maupun saat digunakan waktu mengerem atau melakukan pergantian gigi,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com