Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Dek Bawah Lebih Mewah Dibanding yang Atas pada Bus Tingkat?

Kompas.com - 29/09/2020, 19:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus tingkat atau double decker saat ini sudah semakin banyak dimiliki oleh PO bus AKAP. Selain itu bus tingkat ini terlihat gagah karena dimensinya yang tinggi dan menggunakan sasis premium triple axle.

Karena bisa memuat banyak penumpang, bus tingkat tidak hanya memiliki satu kelas pelayanan saja. Biasanya ada yang memasang sleeper seat, kemudian kelas super eksekutif dan di dek atasnya untuk kelas eksekutif atau VIP.

Sleeper seat merupakan kursi yang bisa selonjor dan sandaran punggung yang bisa direbahkan 150 derajat.

Kelas pelayanan super eksekutif biasanya memiliki susunan 2-1 dengan kursi yang lebar dan eksekutif dengan konfigurasi kursi 2-2 yang bisa memuat banyak penumpang.

Baca juga: Nasib Pedagang Motor Bekas Selama Masa Pandemi

sleeper seat harapan jayaKompas.com/Fathan Radityasani sleeper seat harapan jaya

Harga tiketnya pun berbeda, mulai dari sleeper seat, super eksekutif dan eksekutif biasa. Kalau diperhatikan, kelas yang lebih mewah berada di dek bawah, sedangkan eksekutif di atas, mengapa begitu?

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, penentuan posisi ini memiliki beberapa pertimbangan kenapa kelas yang lebih mewah pada bus tingkat bukan pada lantai atas.

“Pertama, dek bawah diisi lebih sedikit penumpang, jadi terasa lebih eksklusif. Kedua, penumpang tidak perlu repot turun-naik tangga,” kata Dimas saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Aturan Baru, Mobil dan Motor Berusia 3 Tahun di DKI Wajib Uji Emisi

Dimas juga menambahkan, duduk di dek bawah bus tingkat memiliki efek body roll yang lebih minim dibanding di dek atas. Sehingga penumpang jadi lebih nyaman ketika naik bus melewat jalan yang berkelok-kelok.

Kemudian duduk di bawah juga aksesnya lebih mudah, tidak perlu repot naik tangga. Namun memilih duduk di lantai bawah atau atas juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bus AKAPblogspot Bus AKAP

Jika duduk di dek bawah, posisinya lebih rendah, jadi kuang bisa menikmati pemandangan. Lebih cocok untuk orang yang ingin beristirahat.

Sedangkan duduk di dek atas, pemandangannya lebih luas karena posisinya yang lebih tinggi. Kemudian jika duduk di baris depan, bisa melihat pemandangan lebih jelas lagi. Namun kekurangannya yaitu lebih silau karena terik matahari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com