Waktu yang Tepat Mengisi Daya Baterai Sepeda Motor Listrik

Kompas.com - 29/07/2020, 19:21 WIB
Komparasi motor listrik Viar Q1, ECGO-2, Elvindo Rama KOMPAS.com/GilangKomparasi motor listrik Viar Q1, ECGO-2, Elvindo Rama
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama seperti baterai perangkat elektronik yang lain, baterai motor listrik akan habis jika dipakai. Tapi jika ingin mengisi ulang, disarankan jangan sampai baterai habis total baru diisi daya.

Andri Fauzi, Teknisi Electric Vehicle Indonesia ( Elvindo), mengatakan, pemilik sebaiknya sudah cas baterai sebelum benar-benar habis dan motor mogok, atau ketika indikator berwarna merah.

Baca juga: ABC Produksi Baterai Lithium Ion buat Kendaraan Listrik Akhir Tahun Ini

"Karena kalau sampai habis total bisa drop, jadi mengisi ulangnya cukup lama ketimbang masih ada sedikit kemudian diisi ulang," kata Andri kepada Kompas.com, belum lama ini

Bagasi Elvindo Rama KOMPAS.com/Gilang Bagasi Elvindo Rama

Andri menampik anggapan jika sering diisi dari nol bisa membuat baterai cepat rusak. Tapi juga mengiyakan bahwa mengisi daya sebelum bebar-benar habis bisa membuat masa hidup baterai lebih lama.

Baca juga: Kemenperin Pacu Investasi Pengembangan Baterai Kendaraan Listrik

"Tidak juga (kalau dari nol) Karena sekarang kan baterai sudah canggih. Hanya jadi lama saja ngangkatnya (mengisinya). Tapi kondisi baterainya tetap sama saja," katanya.

Andri memberi contoh, untuk Elvindo Rama, perlu waktu enam jam untuk mengisi ulang baterai dari kosong. Tapi jika tersisa sedikit hanya butuh waktu dua sampai tiga jam mengisi ulang.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X