Kompas.com - 30/07/2020, 09:22 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) telah mengumumkan skema bisnis tiga tahunnya yang terhitung dari fiskal 2020 hingga 2022. Rencana yang dijuluki small but beautiful tersebut berfokus pada rasionalisasi biaya dan peningkatan profitabilitas dengan tujuan pertumbuhan berkelanjutan.

Dalam jangka menengah, MMC mengklaim mempersiapkan penyesuaian lini bisnis dan akan fokus pada pertumbuhan profit di wilayah dan produk-produk yang memiliki kekuatan pasar. MMC juga mengklaim akan memusatkan sumber daya manajemennya di wilayah ASEAN sekaligus mendongkrak pangsa pasar lebih dari 11 persen.

Menanggapi rencana itu, sebagai bagian dari pasar ASEAN, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) melihat bila kondisi tersebut sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis di pasar otomotif Tanah Air.

Baca juga: Mitsubishi Bakal Perkuat Pasar ASEAN, Xpander Hybrid Meluncur 2023

President Director PT MMKSI Naoya Nakamura mengatakan, Mitsubishi Motors melihat potensi pasar yang terdapat di ASEAN, termasuk Indonesia. Kondisi ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi MMKSI untuk tumbuh dan memperluas pasar dengan rencana pengembangan produk MMC.

Mitsubishi Xpander Hybrid muncul dalam rencana jangka menengah MMC di kawasan ASEAN.MMC Mitsubishi Xpander Hybrid muncul dalam rencana jangka menengah MMC di kawasan ASEAN.

"MMKSI telah memperkenalkan produk-produk unggulan di Indonesia dengan penerimaan pasar yang cukup baik. Small MPV Xpander yang dikenalkan 3 tahun lalu telah menjadi game changer di segmenya, Pajero Sport yang dikenalkan pada 2009 telah memiliki pangsa pasar rata-rata lebih dari 40 persen," kata Nakamura dalam keterangan resminya, Rabu (29/7/2020).

Menurut Nakamura, baik Pajero Sport dan Xpander merupakan produk yang dibuat secara lokal untuk pasar domestik dan global di pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI). Keduanya pun diklaim sebagai model kebanggan Indonesia.

Seperti diketahui, selain di wilayah ASEAN, nantinya MMC akan memperkuat jajaran produk ramah lingkungan layakan kendaraan plug-in hybrid electric vehicles (PHEV) dan electric vehicle (EV) dengan meluncurkan model baru pada tahun fiskal 2022. Termasuk model SUV, truk pikap, dan MPV.

Baca juga: Kalah Saing dengan SUV Kecil, Mitsubishi Mau Suntik Mati Pajero

Mitsubishi Xpander Limited Mitsubishi Xpander Limited

Diketahui Mitsubishi akan memperkenalkan Triton terbaru pada 2022, yang kemudian berlanjut dengan Xpander hybrid pada tahun fiskal 2023. Dalam periode tersebut dan seterusnya, generasi Xpander dan Pajero Sport juga akan melakukan debut bersama dua model yang benar-benar baru.

Sayang, MMC tak menyebutkan secara detail mengenai kedua produk terbarunya tersebut. Namun, dikabarkan bila model anyar itu akan hadir dengan teknologi hasil kolaborasi bersama Renault dan Nissan yang menjadi aliansi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.