Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Melawati Turunan Curam Pakai Skutik

Kompas.com - 19/07/2020, 15:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Skuter matik (skutik) sudah menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian. Cara memakainya yang mudah dan praktis menjadikan skutik sebagai kendaraan sehari-hari, bahkan digunakan ke luar kota.

Ketika melewati jalan luar kota, tidak jarang bertemu dengan kondisi jalan dengan turunan terjal. Jika memakai model motor lain, bisa manfaatkan engine brake sebagai pembantu rem. Namun skutik tidak memiliki gigi dan cenderung meluncur saat di turunan.

Bagi pemilik skutik, jangan khawatir ketika melewati turunan curam, motor jadi sulit dikendalikan karena meluncur. Ada trik yang bisa dilakukan pengendara skutik agar ada efek engine brake pada motornya.

Baca juga: Makna di Balik Nama Maung Pindad yang Pernah Dijajal Prabowo

Ilustrasi motor matikStanly/Otomania Ilustrasi motor matik

“Triknya, usahakan agar mesin tetap dalam keadaan menyala, tuas gas jangan sampai ditutup sampai habis,” ucap Head of Safety Riding Wahana, Agus Sani kepada Kompas.com, Sabtu (18/7/2020).

Tuas gas yang sedikit terbuka akan membuat mesin berada pada putaran yang rendah, sehingga bisa menahan laju kendaraan.

Baca juga: Mazda Luncurkan Bongo, Kembaran Daihatsu Gran Max tetapi Lebih Canggih

“Usahakan gasnya jangan sampai los saja saat turunan, namun tetap dibantu rem depan dan belakang secara bersamaan sehingga motor tidak tambah cepat,” kata Agus.

Menambah adanya engine brake saat melawati turunan, bisa membantu kinerja rem agar tidak terlalu berat. Rem yang terlalu panas, kinerjanya bisa berkurang, bahkan paling parah bisa sampai blong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com