Mazda Luncurkan Bongo, Kembaran Daihatsu Gran Max tetapi Lebih Canggih

Kompas.com - 18/07/2020, 10:28 WIB
Mazda Bongo kembaran Daihatsu Gran Max meluncur di Jepang https://car.watch.impress.co.jp/Mazda Bongo kembaran Daihatsu Gran Max meluncur di Jepang

JAKARTA, KOMPAS.comMazda Bongo merupakan mobil di segmen komersial yang sudah hadir sejak 1966. Secara kumulatif, Bongo sudah terjual sebanyak 2,1 juta unit hingga Mei 2020 semenjak diproduksi.

Di pasar Jepang, Bongo sudah muncul selama lima generasi. Baik itu dibangun sendiri maupun melalui skema kerja sama dengan pabrikan lain.

Mulai tahun 2020, Bongo kembali meramaikan pasar mobil komersial di Jepang dengan mengambil basis milik Daihatsu Gran Max atau Toyota TownAce.

Baca juga: Ini Lokasi Razia Operasi Patuh Jaya 2020 di Jakarta

Tampilan belakang Mazda Bongohttps://car.watch.impress.co.jp/ Tampilan belakang Mazda Bongo

Artinya, Mazda Bongo yang beredar di sana merupakan hasil produksi pabrik Daihatsu di Indonesia.

Dipilihnya basis Gran Max bukan tanpa alasan, dilansir dari laman Car Watch Impress, mobil ini diklaim punya dimensi yang ringkas dan memiliki kapasitas kargo yang cukup lapang.

Apalagi radius putar 4,9 meter juga membuat mobil ini makin mudah digunakan lantaran, gampang melakukan putar balik dan memasuki gang-gang sempit di Jepang.

Baca juga: Ini Daftar 10 Mobil Terlaris Semester I-2020, Brio Taklukkan Xpander

Mazda Bongo varian pikaphttps://car.watch.impress.co.jp/ Mazda Bongo varian pikap

Berbeda dari Gran Max di Indonesia, Bongo juga akan tersedia dalam fitur lengkap. Termasuk pilihan sistem penggerak 2WD dan 4WD, serta Safety Smart Assist.

Fitur keselamatan ini akan memiliki fungsi pengereman otomatis untuk menghindari tabrakan, yang akan aktif saat mesin tiba-tiba dinyalakan, semisal saat berada di tempat parkir.

Bongo akan mengusung mesin 1.500 cc 2NR-VE yang tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Baca juga: Ini Jenis Pelanggaran yang Diincar Polisi Saat Operasi Patuh Jaya 2020

Daihatsu Gran Max di Jepanghttps://car.watch.impress.co.jp/ Daihatsu Gran Max di Jepang

Mesin ini kabarnya telah mengusung teknologi baru, yang membuat konsumsi BBM dan emisi gas buangnya lebih baik lagi.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X