Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sampai Putus di Jalan, Begini Cara Merawat V-Belt Skutik

Kompas.com - 14/07/2020, 18:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan sepeda motor yang mengoprasikan transmisi secara manual, skuter matik atau skutik tidak memiliki rantai sepeda motor.

Oleh sebab itu, penggunaan V-belt sangat dibutuhkan sebagai pengganti rantai, mentransfer tenaga dari mesin ke roda ke belakang.

Meski demikain, V-belt yang terbuat dari karet pun bisa putus seperti rantai. Jika V-belt putus di jalan, maka motor akan mogok.

Baca juga: Cara Merawat Interior Panel Kayu Agar Tetap Mewah

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, mengatakan, kasus putusnya V-belt sangat jarang terjadi. Kendati demikian, kasus V-belt putus itu tidak sedikit dialami oleh pemilik kendaraan yang acuh akan servis kendaraannya.

V-Belt motor matikFoto: Honda DAM V-Belt motor matik

“V-belt itu standarnya bisa sampai 24.000 kilometer atau dua tahun, tapi tergantung dari cara pemakaiannya juga,” ujar Ribut kepada Kompas.com, Selasa (14/7/2020).

Baca juga: Boleh atau Tidak Simpan Ponsel dan Powerbank di Bagasi Motor?

Ribut melanjutkan, agar V-belt tidak putus di jalan, ada baiknya pemilik kendaraan rutin melakukan pengecekan setiap 8.000 kilometer atau minimum delapan bulan sekali.

“Kalau rajin servis dan ganti V-belt harganya bisa Rp 200.000 hingga Rp 250.000. Tetapi kalo sampai jebol dan rusak itu harus bongkar mesin dan harganya cukup mahal sekitar Rp 1 jutaan,” katanya.

Selain itu, jangan samakan V-belt dengan rantai, sebab V-belt tidak perlu disemprot atau terkena air bahkan oli. Agar tetap lancar, sebaiknya rumah V-belt dibongkar dan disemprot dengan angin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com