Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Jiwa Sporty Toyota Agya Facelift 2020 dari Dalam Kabin

Kompas.com - 14/06/2020, 10:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Agya facelift 2020 membawa sejumlah perubahan yang lebih segar dibandingkan versi terdahulunya. Tidak lagi berkarakter elegan, kini mobil murah (Low Cost Green Car/LCGC) tersebut nampak sporty.

Hal itu dapat dibuktikan dari tampilan Agya yang banyak menggunakan aksen hitam dibanding krom, lekukan sederhana namun tajam, hingga pelek model dual tone.

Sementara pada bagian interior, meski masih membawa ciri khas kompak dan praktis, terdapat beberapa detail yang mempertegas sisi sporty mobil. Misalnya, corak fabric pada jok maupun doortrim yang dikombinasikan dengan nuansa hitam dari dasbor.

Baca juga: Wajah Baru Toyota Agya Facelift 2020, Lebih Modern dan Sporty

Interior Toyota AgyaKOMPAS.com/Ruly Interior Toyota Agya

Guna mengurangi kebosanan saat berkendara, sistem audio Agya juga mendapat perubahan. Kini, head unit layar sentuhnya bisa terkoneksi dengan USB, aux, maupun bluetooth.

Ditambah, terdapat audio 2DIN yang dapat mengeluarkan suara musik yang sangat keras dan proporsional. Pada bagian pengemudi, telah disematkan fitur Audio Steering Switch di bagian setir kemudi mobil.

Jadi, pengemudi mobil dapat mengatur pemutar musik tanpa harus menjangkau panel yang terletak di dasbor bagian tengah.

Baca juga: [VIDEO] Komparasi Duo LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla 2020

Interior Toyota AgyaKOMPAS.com/Ruly Interior Toyota Agya

Pengaturan AC mobil juga kini lebih simpel dengan warna piano black dan semi digital. Secara fungsi, lebih mudah dioperasikan tanpa menghilangkan sisi sporty di mobil.

Perihal kelapangan kabin dan pernak-pernik pada produk yang baru diperkenalkan pada pertengahan Maret ini, tidak banyak berubah dari generasi sebelumnya.

Secara umum, tidak ditemukan kendala pada ruang kepala maupun kaki baik di kursi depan maupun tengah. Cukup nyaman untuk melakukan perjalanan sehari-hari bersama Agya. Apalagi ruang penyimpanan terbilang mumpuni.

Baca juga: Kenapa Letak Dongkrak Agya dan Ayla di Kolong Kursi Penumpang Depan?

Tampilan Toyota Agya 2020KOMPAS.com/Ruly Tampilan Toyota Agya 2020

Namun dari sisi pengendara, cukup sulit untuk menemukan posisi berkendara yang sempurna. Sebab, stir kemudi tidak bisa diatur baik secara tilt (atas-bawah) maupun telescopic (maju-mundur).

Hal ini membuat pengemudi kesulitan mencapai sisi visibilitas yang baik dan cepat mencapai titik fatigue atau lelah, terutama saat jalanan macet.

Untuk diketahui, Agya memiliki dimensi panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com