Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Fitur Kamera Belakang Mobil, Sebagai Alat Bantu Parkir

Kompas.com - 31/05/2020, 13:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMobil modern memiliki sistem informasi yang semakin canggih. Banyak juga model mobil yang menyertakan kamera mundur sebagai fitur standar. Selain itu, kamera mundur bisa dipasang sendiri untuk kendaraan lama.

Kamera mundur tentunya sangat membantu bagi pengemudi ketika ingin parkir. Namun ketika parkir jangan hanya terpaku pada layar head unit tetapi tidak melihat kondisi sekitar dan spion mobil.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre, mengatakan, jangan hanya mengandalkan kamera mundur ketika ingin parkir.

Baca juga: Musuh Utama yang Bisa Membuat Mobil Kehilangan Kendali di Tol

Kamera mundur dan SRS airbag untuk penumpang depan dan pengemudi cukup melengkapi sistem keamanan Toyota Hiace.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kamera mundur dan SRS airbag untuk penumpang depan dan pengemudi cukup melengkapi sistem keamanan Toyota Hiace.

“Walau ada kamera mundur, pengemudi tetap wajib untuk menengok dan melihat ke spion saat bergerak mundur. Dengan melihat spion dan menengok maka akan memaksimalkan areal yang terlihat oleh mata,” kata Marcell kepada Kompas.com, Sabtu (30/5/2020).

Marcell juga mengatakan, kamera mundur sangat berguna untuk menuntun pengemudi saat mundur dan meminimalisasi titik buta (blind spot). Saat mobil mundur, blind spot pada mobil besar sekali dibanding maju.

Baca juga: Sering Dipakai Dandan, Apa Sebenarnya Fungsi Kaca pada Sun Visor?

“Karena bila ada anak balita di belakang kendaraan dan mobil tidak dilengkapi sensor mundur atau kamera, maka anak tersebut tidak akan terdeteksi/terlihat,” ucap Marcell.

Jadi peran kamera mundur bisa membantu memperluas area yang bisa terlihat oleh mata pengemudi. Selain itu memperkecil area blind spot ketika ingin parkir atau mundur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com