Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Dipakai Dandan, Apa Sebenarnya Fungsi Kaca pada Sun Visor?

Kompas.com - 29/05/2020, 18:11 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu elemen yang cukup penting dalam sebuah kendaraan adalah sun visor. Komponen ini berfungsi untuk membuat pengemudi memiliku visibilitas yang baik ketika berkendara di siang hari.

Berbeda dengan kaum hawa, yang biasanya menjadikan kompenen ini sebagai tempat untuk mereka berdandan atau berhias.

Lantas, apa sebenarnya fungsi sun visor pada kendaraan?

General Manager PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Bali, Isbowo PH, mengatakan, kecenderungan fungsi sun visor memang untuk berdandan bagi pada kaum hawa.

Baca juga: Dispensasi Perpanjangan SIM di DIY Berlaku sampai 29 Juni 2020

“Biasanya pada sun visor kursi penumpang, memang terdapat kaca yang berfungsi untuk memudahkan mereka yang ingin berdandan. Tapi, saya lihat saat ini tidak sedikit pengemudi wanita yang menambahkan sendiri kaca pada sun visor kursi pengemudi (jika memang tidak ada kaca pada sun visornya),” ujar Isbowo saat dihubungi Kompas.com, Jumat (29/05/2020)

Sun VisorKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Sun Visor

Isbowo melanjutkan, tidak heran jika saat ini mobil medium high dilengkapi dengan kaca pada sun visor baik di kursi penumpang maupun pengemudi.

Meski dimikian, Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan, fungsi utama sun visor sebenarnya bukan untuk berdandan tetapi untuk mengurangi efek silau matahari ketika berkendara.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Murah Bekas Usai Lebaran, Mulai Rp 70 Jutaan

“Ketika kita berkendara di siang hari dan menghadap ke arah matahari terkadang silau, sehingga, bisa mengganggu jarak pandang kita ke depan. Dengan sun visor itu bisa membantu mengurangi efek silau matahari, jadi cahaya matahari tidak mengenai mata tetapi berada di bawah muka, sehingga mata bisa fokus terhadap jalanan,” ujar Anjar.

Pada beberapa jenis mobil, memang hanya terdapat kaca pada sun visor di kursi penumpang. Hal itu diperuntukan untuk mempermudah mereka yang ingin berdandan.

“Biasanya kaca pada sun visor hanya terdapat pada kursi penumpang saja. Kalau di pengemudi memang tidak diijinkan adanya kaca pada sun visor, sebab, ketika berkendara pada prinsipnya pengemudi tidak boleh fokus ke yang lain, hanya boleh fokus ke jalan,” kata Anjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com