Fitur Motor Listrik Jokowi yang Terjual Rp 2,55 Miliar, Bisa Jalan Mundur

Kompas.com - 18/05/2020, 12:29 WIB
Skuter Listrik Gesits Kompas.com/DonnySkuter Listrik Gesits
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter listrik buatan Indonesia, Gesits, terjual Rp 2,55 miliar dalam sebuah lelang untuk donasi aman. Motor terjual dengan harga fantastis karena dibubuhi tanda tangan Presiden RI Joko Widodo.

Bicara hasil lelang tentu sangat berbeda dengan harga aslinya, jauh berkali-kali lipat. Sebab Gesits, yang pertama kali meluncur di Indonesia International Motor Show 2019 lalu itu punya harga asli Rp 24.950.000 off the road.

Baca juga: Skuter Listrik Gesits Bertanda Tangan Jokowi Terjual Rp 2,55 Miliar

Terlepas motor yang dilelang pernah dipakai Jokowi, lantas apa keunggulan Gesits sebagai skuter listrik?

Skuter Listrik GesitsKompas.com/Donny Skuter Listrik Gesits

Selain karya anak bangsa, fitur yang ditawarkan tak kalah canggih dengan pabrikan lainnya. Meski fitur yang ditawarkan tak banyak, tapi sudah cukup mengakomodasi kebutuhan konsumen di perkotaan.

Dimulai dari area setang, terdapat beberapa tombol dengan masing-masing fungsi. Di sebelah kanan, ada tombol dengan lambang seperti electric starter pada motor biasa. Namun, untuk Gesits ini fungsinya lebih kepada tombol pengaman.

Skuter Listrik GesitsKompas.com/Donny Skuter Listrik Gesits

Jadi saat motor dihidupkan, tuas gas tidak bisa langsung berfungsi. Penggunanya harus menekan tombol tersebut, baru tuas gas bisa berfungsi. Fitur ini berguna untuk mencegah anak kecil menarik tuas gas secara tidak sengaja.

Di sebelah tombol tadi, ada tombol lagi dengan lambang R (Reverse). Dengan menekan tombol ini lalu memutar tuas gas, motor bisa mundur.

Skuter Listrik GesitsKompas.com/Donny Skuter Listrik Gesits

Lalu juga terdapat tombol untuk pilihan mode berkendara alias riding mode. Ada 3 mode pada Gesits, mode pertama atau Echo, kecepatan maksimumnya hanya sekitar 25 kpj. Mode kedua atau Urban mencapai 50 kpj. ketiga mode Sport mencapai 70 kpj.

Baca juga: Bamsoet Usul Pembeli Gesits Rp 2,55 Miliar Bisa Test Ride di Istana

Pada bagian tengah, terdapat layar Multi Information Display (MID) yang ukurannya cukup besar. Informasi yang ditampilkan juga cukup lengkap, mulai dari speedometer, indikator baterai, suhu motor listrik, mode berkendara, waktu, koneksi bluetooth, dan peta atau navigasi.

Skuter Listrik GesitsKompas.com/Donny Skuter Listrik Gesits

Layar MID ini bisa terkoneksi dengan smartphone menggunakan koneksi Bluetooth, dengan cara mengunduh terlebih dahulu aplikasi Gesits di smartphone.

Aplikasi ini mampu merekam semua aktivitas Gesits dan juga masalah-masalah yang terjadi. Semua tercatat di aplikasi tersebut. Selain itu, bisa juga mengaktifkan navigasi dan peta akan ditampilkan di layar MID.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X