Bersama TVS, Norton Siap Masuk ke Era Motor Listrik

Kompas.com - 26/04/2020, 08:42 WIB
Norton Atlas Ranger Foto: jason_critchellNorton Atlas Ranger
|

LONDON, KOMPAS.com - Perusahaan India, TVS Motor Company resmi mengakusisi merek asal Inggris, Norton. Kini sebagai pemilik baru, TVS sudah merencanakan strategi khusus buat Norton.

Direktur Pelaksana TVS Sudarshan Venu, mengatakan ada tiga hal yang disiapkan, pertama modal yang besar, kedua mengembangkan sistem keselamatan berteknologi tinggi, ketiga membuat motor listrik.

“Norton adalah merek ikonik. Kami ingin mengembalikan merek ini pada kejayaan sebelumnya, menghasilkan produk-produk unggulan yang dimilikinya, dan menyenangkan basis penggemar yang setia," katanya kepada Financial Times, mengutip Visordown, Minggu (26/4/2020).

Baca juga: Merek Legendaris Inggris Norton Dicaplok Merek Motor Asal India

Venu mengatakan, pembeli Norton adalah pelanggan dengan kategori super premium. Karena itu Norton juga harus meningkatkan kualitas produknya dengan teknologi terkini.

"Adalah penting bahwa kami membawa Norton ke masa depan, dengan sistem keselamatan, dan juga elektrifikasi. Norton ada di bagian atas, karena itu fitur ini penting untuk membawa merek di masa depan," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Norton Dominator SS, salah satu tipe yang masuk di deretan motor lahir kembali Norton di era baru.Norton Motorcycles Norton Dominator SS, salah satu tipe yang masuk di deretan motor lahir kembali Norton di era baru.

Saat ini Norton memang kalah saing dengan beberapa merek Inggris yag lain semisal Royal Enfield yang juga dimiliki korporasi India, atau Triumph.

TVS pun sangat antusias meminang Norton yang mengalami kesulitasn finansial. Adapun produk Norton saat ini tidak banyak, hanya yaitu Norton Commando, Dominator, V4 RR dan yang terbaru Atlas.

Seperti diberitakan, belum lama ini TVS resmi mengakusisi merek asal Inggris, Norton. Kesepakatan ditandai dengan pembelian Norton seharga 16 juta pounsterling atau setara Rp 309 miliar.

Baca juga: Norton ES2, Motor Dengan Sejarah yang Panjang

Sebelum dibeli TVS, Norton dikabarkan kesulitan keuangan sejak beberapa tahun terakhir. Salah satunya karena Stuart Garner, pemilik Norton dari 2008 salah manajemen dan dituduh menumpuk utang serta dana pensiun.

Norton pertama kali didirikan di Birmingham, Inggris pada 1902. Motor ini menjadi salah satu merek legendaris asal Inggris terutama di kancah balap, dengan meraih banyak kemenangan di Isle of Man TT.

Adapun TVS Motor merupakan korporasi besar di India. Naik daun di dunia internasional setelah bermitra dengan BMW membuat motor kecil. Kalau BMW yakni G310R maka TVS dengan Apache RR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.