Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kecelakaan Fatal Gara-gara Rem Blong

Kompas.com - 24/12/2019, 12:00 WIB
Ari Purnomo,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Kecelakaan lalu lintas bisa disebabkan oleh banyak faktor. Selain oleh faktor kelalaian manusia, juga faktor kendaraan itu sendiri.

Salah satu yang sering terjadi adalah tidak bekerjanya sistem pengereman atau rem blong. Kondisi rem memang sangat vital pada sebuah kendaraan.

Terlebih kendaraan berat, di mana tonase kendaraan juga sangat berat. Maka dari itu, kinerja rem juga harus dipastikan bisa bekerja prima.

Jangan sampai, kejadian rem blong membahayakan pengguna jalan lain.

Berikut deretan kecelakaan fatal yang disebabkan rem blong

Kendaraan truk trailer yang memicu kendaraan beruntun dan tewaskan 7 orang di Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (22/12/2019).KOMPAS.COM/ANDI HARTIK Kendaraan truk trailer yang memicu kendaraan beruntun dan tewaskan 7 orang di Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (22/12/2019).

Tabrakan beruntun di Pasuruan 7 meninggal

Kecelakaan maut yang melibatkan sebuah truk trailer dan sejumlah kendaraan terjadi di jalan Raya Purwodadi, Pasuruan, Minggu (22/12/2019). Sebanyak tujuh orang dinyatakan meninggal dunia.

Sementara tujuh orang lainnya mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Kecelakaan diperkirakan terjadi sekitar pukul 10. 00 WIB. Kecelakaan diduga karena truk bermuatan backhoe mengalami rem blong.

Baca juga: 5 Jurus Bikin Touring Menggunakan Mobil Berjalan Lancar

Saat itu truk trailer yang dikemudikan Slamet (48), warga Baron Timur, Kabupaten Nganjuk, melintas di Desa Sentul, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Diduga karena rem blong membuat laju truk tidak terkendali.

Truk kemudian menabrak sepeda motor dan mobil Suzuki Karimun di depannya. Tak berhenti di situ, truk bermuatan backhoe bahkan melompati pembatas jalan dan masuk ke jalur berlawanan.

Di saat bersamaan sejumlah kendaraan pun melintas. Akhirnya, truk menabrak beberapa kendaraan yang melintas.

Polisi mencatat ada dua mobil yang tertimpa truk trailer tersebut, yakni Daihatsu Ayla dengan nomor polisi N 1702 WY dan mobil Daihatsu Sigra bernomor polisi W 1031 TF.

Keduanya melaju dari arah berlawanan. Truk baru bisa berhenti setelah menabrak pagar pintu masuk Dusun Krajan, Desa Sentul, Pasuruan.

Kecelakaan ini pun menyebabkan sedikitnya tujuh orang meninggal dunia. Tujuh korban tersebut merupakan kondektur truk, seorang pengendara motor, dan lima orang di dalam mobil Ayla.

Baca juga: Kecelakaan Maut Pasuruan, Rem Blong Truk Tabrak 1 Motor dan 3 Mobil, 7 Orang Tewas

Sementara korban luka-luka sebanyak tujuh orang dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan mengatakan, kecelakaan di Pasuruan diduga karena sopir mengantuk dan rem blong.

"Dugaan awal kami sopir mengantuk, tapi bisa jadi karena rem blong. Makanya kami minta anggota dan tim Polda untuk olah TKP agar jelas apa penyebab kecelakaan ini," katanya.

Kondisi mobil bus PO. PMTOH rusak parah usai kecelakaan yang menewaskan enam orang penumpang di jalan lintas Kiliranjao-Pekanbaru di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuansing, Riau, Rabu (9/10/2019).Dok. Polres Kuansing Kondisi mobil bus PO. PMTOH rusak parah usai kecelakaan yang menewaskan enam orang penumpang di jalan lintas Kiliranjao-Pekanbaru di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuansing, Riau, Rabu (9/10/2019).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com