Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Tokyo Motor Show, Jepang

Model Baru Meluncur, Bagaimana Nasib Yaris di Indonesia?

Kompas.com - 24/10/2019, 14:02 WIB
Aris F Harvenda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - All new Yaris resmi diperkenalkan Toyota di ajang Tokyo Motor Show 2019 (24 Oktober - 4 November 2019). Yaris generasi ketiga tersebut rencananya akan resmi dijual Toyota Motor Corporation tahun depan (2020).

Lantas, apakah Toyota Indonesia akan menghadirkan model serupa di pasar otomotif Tanah Air?

"Model yang diperkenalkan pada Toyota Motor Show 2019 hari ini untuk konsumsi pasar Jepang dan Eropa, bukan untuk Indonesia. Lagipula desain yang dijual di Indonesia berbeda dengan pasar Jepang dan Eropa," kata Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata, di Tokyo, Jepang Rabu (23/10/2019).

Toyota Yaris 2018 varian TRD Sportivo.Dok. TAM Toyota Yaris 2018 varian TRD Sportivo.
Jika dilihat model yang saat ini beredar memang desain yang digunakan tidak universal. Yaris yang dijual di Indonesia sama dengan desain di Thailand dan China.

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmy Suwandi, dalam kesempatan yang sama menuturkan bahwa Yaris sejak pertama kali diperkenalkan pada 2006 masih menggunakan plaform dengan desain yang relatif sama.

"Memasuki generasi kedua, Toyota Jepang tetap mempertahankan desain Yaris yang kompak. Sementara Toyota Asia memutuskan untuk membuat desain yang berbeda sesuai dengan karakter dan keinginan konsumen," kata Anton.

Toyota Yaris untuk pasar Amerikatoyota Toyota Yaris untuk pasar Amerika
Bahkan, lanjut Anton pada generasi ketiga desain Yaris makin beragam. Pasar Jepang-Eropa tetap lanjut menggunakan karakter kompak, begitu pula Toyota Asia yang meneruskan tradisi yang sudah berjalan.

Sedangkan untuk pasar Amerika, Yaris dijual dengan platform hasil kerja Toyota bareng Mazda. Tak heran jika beberapa area ada kemiripan dengan Mazda2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com