Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Tokyo Motor Show 2019 di Jepang

Toyota Sediakan Robot untuk Atlet Olimpiade 2020

Kompas.com - 23/10/2019, 17:32 WIB
Aris F Harvenda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Tokyo, KOMPAS.com - Perang teknologi dan mobil baru sudah jadi menu wajib tiap perhelatan Tokyo Motor Show (TMS). Begitu pula yang saat ini dihelat di Tokyo, Jepang, 24 Oktober - 4 November 2019.

Begitu pula dengan Toyota yang memajang robot di perhelatan TMS 2019. Robot Toyota bertugas sebagai sarana pendukung mobilitas manusia, baik untuk para atlet maupun pihak yang mengalami keterbatasan gerak.

Model pertama adalah FSR atau Field Support Robot yang bertugas membantu staf di arena Olympic dan Paralympic Tokyo 2020. Bersama petugas lapangan, FSR mengambil obyek yang dilempar di cabang atletik seperti lembing dan cakram.

Toyota HSRtoyota Toyota HSR
FSR dapat mengenali petugas lapangan via program artificial intelligent (AI) dan mengikutinya untuk mengambil lembing atau cakram. Petugas memasukkan obyek ke dalam FSR dan selanjutnya menepuk bodi robot tersebut. Dengan kecepatan maksimal 20 km/jam, FSR akan kembali ke area pelemparan secara otonom, termasuk menghindar ketika ada rintangan.

Model lainnya adalah HSR yang merupakan kepanjangan dari Human Support Robot. Tugasnya adalah melayani orang sakit, kaum disabilitas, dan para lanjut usia yang mengalami keterbatasan gerak.

Toyota berusaha membuat HSR agar dapat mengerjakan segala jenis pekerjaan, mulai dari yang ringan seperti membawa gelas air, hingga membantu mengatur pola hidup pasien. HSR bekerja memanfaatkan kamera, mikrofon, dan beragam sensor untuk beroperasi yang didukung oleh teknologi AI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com