Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisaran Biaya Perbaikan Awal Usai Beli Mobil Bekas

Kompas.com - 18/10/2019, 13:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu kelebihan mobil bekas adalah harga yang lebih bersahabat ketimbang mobil baru. Hal ini jadi daya tarik utama orang meminang mobkas.

Meski murah, jangan lupa untuk melakukan perbaikan mobil. Karena usia dan pemakaian akan mempengaruhi kondisi mobil.

Sebagus apapun mobil bekas pasti butuh masuk bengkel. Oleh karena itu sediakan juga dana untuk perbaikannya.

Baca juga: Cari Mobil Bekas, Pilih Bodi Mulus Atau Mesin Bagus?

OLX bekerja sama dengan OtoSpector, menyedikan jasa pemeriksaan kendaraan terpercaya bagi calon pembeli mobil bekasKompas.com/Setyo Adi OLX bekerja sama dengan OtoSpector, menyedikan jasa pemeriksaan kendaraan terpercaya bagi calon pembeli mobil bekas

Apre dari bengkel AP Speed di Cipinang Jakarta Timur, mengatakan biaya perbaikan mobil bekas relatif, tergantung dari seberapa banyak yang harus diperbaiki atau diganti.

“Untuk mesin paling butuh tune up dan servis ringan itu sekitar Rp 1,5 juta. Tapi kalau banyak yang diperbaiki, sampai overhaul bisa mencapai Rp 10 jutaan,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com (18/10/2019).

“Umumnya kalau enggak kenapa-kenapa, cuma tune up saja sudah enak lagi mobilnya,” kata Apre.

Baca juga: Ini Tanda-tanda Sokbreker Mobil Sudah Harus Diganti

Kolong tol Becakayu dijadikan tempat berjualan mobil bekas, Jakarta Timur, Senin (11/2/2019)KOMPAS.com/ Ryana Aryadita Kolong tol Becakayu dijadikan tempat berjualan mobil bekas, Jakarta Timur, Senin (11/2/2019)

Biaya itu di luar penggantian pelumas atau cairan-cairan yang sudah habis masa pakai, seperti oli, air radiator, dan minyak rem. Sementara bagian lainnya, seperti kaki-kaki jika tak ada perbaikan, bisa langsung digunakan.

“Perbaikan kaki-kaki, misakan ada yang diganti itu mulai Rp 3 jutaan. Kalau termasuk sokbreker, bushing arm, bearing bisa sampai Rp 5 jutaan,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com