Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Seharusnya yang Perlu Dilakukan Pengendara Motor saat Hujan

Kompas.com - 11/10/2019, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepuluh menit pertama saat hujan turun merupakan waktu yang paling krusial. Sebab, tanah dan pasir belum tersapu ke pinggir jalan, sehingga membuat jalanan menjadi licin, dan berbahaya bagi pengguna sepeda motor.

Apabila tetap berkendara dalam kondisi itu, tentunya Anda perlu teknik khusus agar tetap selamat sampai di tempat tujuan.

Menurut Hendrik Ferianto, Instruktur Keselamatan Berkendara PT Astra Honda Motor (AHM), sebaiknya para pengendara motor segera cari tempat berteduh yang aman, seperti halte atau rumah.

Baca juga: Tips Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan, Perlukah Ban Basah?

"Jangan berteduh di bawah pohon, karena berbahaya. Hindari juga berteduh di bawah flyover atau terowongan, karena akan membuat jalanan menjadi macet," ujar pria yang akrab disapa Erik tersebut, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim HujanShutterstock Ilustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan

Erik menambahkan, segera gunakan jas hujan bila ingin melanjutkan perjalanan. Jangan menggunakan jas hujan hanya saat hujan mulai lebat. Sebab, dapat berpotensi membuat konsentrasi terpecah dan pengendara melakukan pergerakan tiba-tiba yang berpotensi bahaya.

Baca juga: Musim Hujan, Banyak Bikers Lebih Sayang Sepatu daripada Kaki

"Berkendaralah dengan kecepatan rendah dan kurangi penggunaan rem depan sebagai rem utama saat kondisi rintik dan hujan," kata Erik.

Erik juga menyarankan, berhenti dan berteduh adalah pilihan terbaik dibanding berkendara dalam kondisi hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com