Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan Bekasi Punya Sirkuit Permanen Bertaraf Nasional

Kompas.com - 14/09/2019, 10:01 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun depan wilayah Bekasi, Jawa Barat akan memiliki fasilitas Sirkuit yang bersifat permanen. Lintasan itu bisa digunakan untuk kegiatan balap sepeda motor, hingga mobil.

Dalam membangun Sirkuit ini, PT Reka Kreasi Indonesia bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Korwil Bekasi. Lokasinya berada di area perumahan Vida, Bekasi.

"Jadi kami ingin masyarakat Bekasi dan sekitarnya memiliki fasilitas Sirkuit, sehingga tidak ada lagi balapan liar di jalan, yang secara risiko sangat tinggi," ucap Bobby Hardy, CEO Sirkuit Reka Vida, Bekasi di kawasan Jakarta Garden City, Jakarta Timur, Jumat (13/9/2019).

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Penyebab Kecelakaan Truk di Cipularang | Aturan Isi Bensin di SPBU

Bobby melanjutkan, pengguna sepeda motor di kota dan kabupaten Bekasi secara jumlah cukup tinggi. Salah satu tujuannya juga agar tidak ada lagi atau meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sirkuit Reka Vida di Bekasiistimewa Sirkuit Reka Vida di Bekasi

"Sebab, kecelakaan lalu lintas itu paling banyak terjadi pada anak usai produktif, dan banyak yang kecelakaan ketika balapan liar, oleh sebab itu kami punya rencana untuk membuat Sirkuit secara permanen untuk memfasilitasi sekaligus mencari bibit pebalap," ujar dia.

Komarudin, Korwil IMI Kota Bekasi melanjutkan, sekarang ini Sirkuit Reka Vida sudah berdiri dan bisa digunakan. Tetapi sifatnya belum permanen, karena sebagian masih menggunakan lahan atau jalan umum.

"Mulai tahun depan, jika tidak ada halangan pembangunan Sirkuit permanennya mulai Februari dan proses pembangunan hanya lima bulan," kata Komarudin.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Sirkuit Misano yang Disebut Sirkuit Yamaha

Pembangunan Sirkuit itu, kata Komarudin sudah disertifikasi oleh IMI pusat. Sebagai contoh, spesifikasi seperti kualitas aspal, hingga dari sisi keamanan distandarkan secara nasional.

"Karena skalanya juga nanti akan menjadi nasional, sehingga semuanya harus menyesuaikan dengan standar dari IMI," kata dia.

Karakter Sirkuit

Sirkuit ini, lanjut Bobby memiliki spesifikasi lima tikungan kombinasi antara kiri dan kanan, dengan lebar kurang lebih enam sampai delapan meter. Lintasan lurus untuk sementara masih 250 meter, tetapi akan ditingkatkan menjadi 402 meter.

"Jadi dengan karakter seperti itu, bisa digunakan untuk balap mobil dan motor. Bahkan bisa disewakan juga untuk umum atau untuk kegiatan lain," kata Bobby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com