Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngadem di Mobil saat Mati Listrik, Jangan Sampai Mati Lemas

Kompas.com - 05/08/2019, 11:00 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mati listrik di sebagian wilayah pada Minggu (4/8/2019), menggangu aktivitas warga. Salah satu yang dilakukan warga yang memiliki mobil kemudian 'ngadem' di AC mobil sambil mesin menyala.

Namun ternyata sangat itu bisa berbahaya. Istirahat bahkan sampai tertidur di dalam mobil dengan kondisi mesin dan AC menyala bisa berbahaya. Cukup banyak kejadian orang meninggal ketika sedang tidur seperti itu.

Baca juga: Pemudik, Jangan Tidur di Mobil dengan Mesin dan AC Menyala

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, mengatakan, jika memang merasa gerah dan ingin berada lama di dalam mobil menggunakan AC, maka sebaiknya buka sedikit kaca mobil jangan tertutup rapat.

"Istirahat di mobil dialam ruangan yang cukup tertutup, dimana CO (gas karbon dioksida) bisa merembes masuk ke dalam kabin, jadi saran saya dibuka jendelanya sedikit," kata Marcell yang dihubungi Kompas.com, Senin (5/8/2019).

Baca juga: Tips Gunakan Car Seat Balita di Mobil yang Benar

Marcell mengatakan, membuka sedikit kaca mobil penting sebab apabila ada gas buang kendaraan bocor dan masuk ke area kabin dan terisap orang yang sedang tidur, itu bisa sangat berbahaya.

Meskipun sudah kondisi kaca dibuka sedikit, bukan tidak mungkin kadar CO meningkat sedikit dan menurunkan kadar oksiden dalam darah yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Beda kondisi dengan kondisi sedang mengemudi atau mobil berjalan tidak keracunan CO.

"Faktanya hanya butuh 1 jam untuk seseorang mati lemas bila kadar oksigen di dalam kabin menurun, yang disebabkan oleh meningkatnya akumulasi karbon monoksida di kabin," kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com