Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Beli Baju Balap Motor, Ini yang Pertama Harus Diperhatikan

Kompas.com - 05/08/2019, 09:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara pengamanan selama berkendara sepeda motor, helm dan pakaian lengkap jadi kewajiban. Untuk pakaian belakangan tersedia jaket motor dan wearpack untuk pehobi sepeda motor yang serius memacu di sirkuit.

Soal pilihan keamanan ini, pebalap WorldSSP 300 dari tim Yamaha, Galang Hendra punya tips yang bisa diperhatikan untuk yang pertama membeli jaket atau baju balap.

"Kalau mau beli wearpack harus coba dulu, istilahnya fitting. Ukurannya pas dengan tubuh, dan nyaman. Jangan kebesaran atau kekecilan," ucap Galang saat ditemui beberapa waktu lalu.

Baju balap atau jaket terlalu besar tidak akan maksimal melindungi tubuh di dalamnya. Saat jatuh bisa-bisa jaket atau baju balap tidak rusak tapi tubuh di dalam cedera.

Galang yang sempat terjatuh dan mengalami cedera pada seri WorldSSP Inggris menjelaskan tanpa perlindungan baju balap yang pas, cedera yang dialaminya bisa saja lebih parah. Soal keamanan ini juga bergantung dari jenis bahan yang digunakan.

Baca juga: Bedanya Water Repellent dan Waterproof di Jaket Biker

Lantas bagaimana dengan penggunaan harian? Meski jaket motor saat ini sudah beraneka macam dengan harga bervariasi, terpenting untuk harian adalah kenyamanan.

"Yang penting nyaman, juga aman. Kalau tidak nyaman susah berkendaranya. Jadi lengkap, helm, sarung tangan, jaket dipakai untuk harian. Mau pake baju balap atau jaket mahal silahkan, asal nyaman. Kalau tidak nyaman menyusahkan diri sendiri juga berdampak ke orang lain," ucap Galang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com