Tips Gunakan Car Seat Balita di Mobil yang Benar

Kompas.com - 05/08/2019, 09:32 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendapatkan fungsi yang optimal sebagai penambah keamanan dan kenyamanan anak saat di mobil, menggunakan car seat patut diperhatikan. Jangan sampai perangkat tersebut malah menimbulkan efek negatif bagi penggunanya.

Dipaparkan Wahyu S Minarto, Inisiator SafeKids Indonesia, car seat sebaiknya ditaruh di kursi baris ke-2 dengan posisi menghadap belakang.

"Selain memperhatikan usia dan ukurannya, memasang car seat patut diperhatikan. Paling baik, car seat dipasang di kursi bagian belakang dan menghadap arah yang benar. Anak dibawah setahun misalkan, harus menggunakan infant car seat dan convertible car seat (kategori 0 dan 0+) dengan posisi menghadap belakang," katanya kepada Kompas.com, Jakarta, Sabtu (3/8/2019).

Baca juga: Ini Mobil Penyelamat saat Mati Listrik, Bisa Jadi Genset

Alasannya, tambah Zeneth Ayesha Thobarony, Spesialis Car seat dari SafeKids Indonesia, struktur tulang belakang anak sebelum usia 4 tahun sangat lunak. Jadi, dengan menghadapkan car seat ke arah belakang membuat risiko fatal berkurang sampai 70 persen dibanding penggunaan yang menghadap depan.

"Sesuai dengan saran AAP (American Academy of Pediatrics), posisi car seat terbaik adalah hadap belakang. Jangan juga memasang car seat di kursi depan dan sabuk pengamannya tidak dipasang," katanya.

Hal ini sungguh membahayakan meski berkemudi hanya sebentar. Sebab, ketika airbag aktif dan posisi anak berada di kursi penumpang bagian depan, anak pasti akan terluka.

"Jarak sedekat apapun (berkemudi) tetap ada risiko kecelakaan. Jadi walaupun anak menjadi sendirian karena duduk di kursi belakang, tidak apa. Daripada malah membuat celaka," ujarnya lagi.

Lalu, tambah Wahyu, pastikan pemasangan car seat sudah benar sesuai dengan yang dianjurkan. "Car seat tidak akan bergeser lebih dari 2,5 sentimeter saat diguncangkan bila sudah terpasang benar. Sabuk bahu pun tidak bisa dicubit," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.