Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Michael Schumacher Sudah Membaik, Mulai Menonton TV

Kompas.com - 05/08/2019, 07:52 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SWISS, KOMPAS.com - Jean Todt, Presiden Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) lewat wawancara dengan Radio Monte-Carlo mengabarkan keadaan terkini dari pembalap lagenda F1 Michael Schumacher.

Dirinya menyatakan bahwa kerabatnya tersebut sudah membaik dan sempat menonton balap German Grand Prix 2019 lewat televisi bersama di rumah Michael, Swiss.

"Saya selalu berhati-hati dalam menyampaikan sebuah pernyataan tentang Michael, tapi ini adalah benar. Saya menonton balapan bersama Michael Schumacher di rumahnya, Swiss. Saat ini, keadaannya membaik dan ia terus berjuang agar pulih," katanya sebagaimana dilansir thedrive.com, Minggu (4/8/2019).

Baca juga: Memorabilia Schumacher Dipamerkan di Jerman

Presiden FIA Jean Todt saat berkunjung ke kantor IMI di Jakarta, medio Februari 2016. Jean Todt bertemu ketua IMI Sadikin Aksa dan beberapa perwakilan media untuk kampanye road safety.Gatot Widakdo/Kompas Presiden FIA Jean Todt saat berkunjung ke kantor IMI di Jakarta, medio Februari 2016. Jean Todt bertemu ketua IMI Sadikin Aksa dan beberapa perwakilan media untuk kampanye road safety.

Todt memang tidak menyatakan secara gamblang keadaan Michael saat ini karena perintah dari keluarganya. Tapi satu hal yang bisa disebutkan bahwa Michael masih sulit untuk berkomunikasi.

"Keluarga Michael juga berjuang untuk melewati ini semua, tentunya, komunikasi persahabatan kami tidak sama seperti dahulu. Tapi kita masih sama-sama berjuang," kata Todt lagi.

Baca juga: Putra Legenda F1 Michael Schumacher Disanjung Presiden FIA

Sebelumnya, setelah mengalami kecelakaan fatal pada 2013 lalu, keluarga Michael Schumacher memutuskan untuk mengunci informasi kondisi kesehatan sang lendenda balap dari dunia luar. Hal ini dilakukan agar masa pulih Michael bisa lebih cepat.

"Saya sering bertemu dengan Corinna (istri Michael Schumacher) dan sepenuhnya setuju dengan keputusan ini. Michael memang orang yang tertutup," kata Managing Director F1, Ross Brawn.

Pada kesempatan itu juga, Todt menyampaikan bahwa jika keadaan Michael terus membaik seperti ini, tidak menutup kemungkinan bahwa ia akan kembali ke muka umum lagi dalam beberapa tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com