Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Almaz Datang, Mitsubishi Siap dengan Xpander

Kompas.com - 21/01/2019, 10:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Segmen SUV menjadi salah satu yang bertumbuh di Indonesia dengan beragam model yang hadir. Kabar terakhir, pabrikan Wuling siap memperkenalkan SUV terbaru Almaz dalam waktu dekat sebagai salah satu model terbaru mereka.

Mitsubishi sebagai salah satu pelaku industri otomotif di Tanah Air berkomentar mengenai kehadiran produk baru tersebut. Mitsubishi juga dikenal menawarkan produk SUV di Indonesia.

“Ini akan jadi hal yang positif, dalam artian produk baru tersebut akan memperbesar market size. Jadi kesempatan untuk kita, selama kita punya produk bagus, merek yang baik, dan layanan kepada pelanggan yang baik,” ucap Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro, saat ditemui Sabtu (19/1/2019).

Irwan mengungkapkan bicara mengenai pasar SUV, Mitsubishi sebenarnya punya Xpander yang difokuskan dengan desain SUV meski merupakan produk MPV. Baik Xpander maupun Almaz nantinya berada di satu rentang pilihan mesin yakni 1.500 cc.

Baca juga: Mitsubishi Hadirkan Layanan di Pusat Kota Jakarta

SUV terbaru dari Wuling memperlihatkan diri secara utuh di media sosialInstagram SUV terbaru dari Wuling memperlihatkan diri secara utuh di media sosial

“Ada juga small SUV yang 1.5 seperti Terios dan Rush, sebenarnya Xpander dari sisi segmen coverage walau small MPV, dia juga penetrasi ke small SUV. Jadi kalau ada pemain baru di small SUV, secara langsung maupun tidak langsung kita punya Xpander yang main di situ,” ucap Irwan.

Irwan mengungkapkan produk baru yang dikeluarkan merek-merek China punya tantangan untuk membangun kualitas produk dan layanan mereka ke depannya.

“Saya tidak melihat produk China langsung underestimate, tapi dari sisi merek mungkin harus lebih baik. Produknya sudah bagus, aftersales, resale value juga harus diperhatikan,” ucap Irwan.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) produk Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport berhasil meraih angka distribusi ke konsumen yang cukup tinggi selama 2018 lalu. Xpander misalnya berhasil terjual sebanyak 75.075 unit atau di peringkat kedua segmen MPV sedangkan Pajero Sport berhasil terjual sebanyak 19.338 unit di peringkat pertama segmen SUV Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com