Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etika Penggunaan Lampu Jauh, Jangan Sampai Ganggu Pengendara Lain

Kompas.com - 07/01/2019, 10:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di jalan tol saat malam hari membutuhkan kewaspadaan lebih. Jalan tol antar provinsi tidak dilengkapi dengan penerangan jalan seperti jalanan di dalam kota.

Ini juga dirasakan tim Kompas.com saat melakukan komparasi Tol Trans Jawa dan Pantura pekan lalu. Kondisi jalan yang gelap di malam hari dibantu dengan penerangan lampu utama mobil.

Sayangnya, beberapa kali kerap ditemui pengemudi yang suka menggunakan lampu jauh yang mengganggu penglihatan. Sebenarnya bagaimana adat penggunaan lampu jauh ini?

“Penggunaan lampu jauh memang diperbolehkan untuk menerangi jarak yang lebih luas. Misal ingin melihat petunjuk jalan, itu biasa pakai lampu jauh. Sah saja namun harus ada etikanya,” ucap Senior Driving Consultant dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana saat dihubungi Senin (6/1/2019).

Penggunaan lampu jauh sebenarnya diperlukan saat kondisi kendaraan melaju cukup kencang. Ini untuk memastikan kondisi jalan di depan apakah ada halangan atau tidak.

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Menyalakan Lampu Jauh?

Sony mengungkapkan etika menggunakan lampu jauh adalah tidak menghidupkan secara terus menerus atau menjadikan lampu jauh penerangan utama selama perjalanan. Masalahnya lampu jauh akan mengganggu pandangan pengemudi yang datang dari arah berseberangan atau mobil yang ada di depan.

“Untuk itu, melihat penggunaannya adalah ketika ada mobil datang dari arah depan, lampu jauh dimatikan. Ketika tidak ada mobil dari arah depan, boleh digunakan lagi namun tidak terus menerus,” ucap Sony.

Sony juga mengungkapkan, selama ini bila mendapat pengemudi yang gemar menggunakan lampu jauh adalah pengemudi yang tidak menerapkan gaya berkendara defensif atau dengan alasan tidak menyadari menggunakan lampu jauh terus menerus. Menurutnya bila menerapkan cara berkendara defensif, pengemudi tidak perlu terlalu bergantung pada lampu jauh terus menerus.

“Selama berkendara defensif mata bergerak melihat indikator, spion dan jalan. Tahu bahwa ia sedang pakai lampu jauh. Kemudian bila mengikuti aturan kecepatan yang berlaku, menjaga jarak, awas dengan sekeliling, penggunaan lampu jauh tidak perlu terlalu sering. Etikanya seperti itu,” ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com