Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Unit AMMDes Siap Bantu Pemulihan Palu dan Lombok

Kompas.com - 09/10/2018, 18:26 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


KLATEN, KOMPAS.com - Empat Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) siap diterbangkan menuju Lombok dan Palu. Keempatnya didatangkan sebagai unit uji coba bantuan penjernihan air bersih bagi warga yang terdampak bencana beberapa waktu lalu.

"Dikirimnya melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dua unit untuk di Palu, dua unit di Lombok. Jadi unitnya ini untuk penjernihan air, dalam rangka bantuan di sana," ujar Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) Sukiat, kepada Kompas.com di Klaten, Selasa (9/10/2018).

Menurut Kiat, keempat AMDDes memang merupakan unit yang dipesan langsung oleh Kemenperi. Untuk unitnya sendiri sudah langsung dilengkapi dengan alat untuk menjernihkan air bernama Hydro.

Baca juga: Sukiat Tidak Terlibat Pengembangan Mobil Esemka

Nantinya, kendaraan ini akan digunakan untuk mengolah air bersih agar bisa dikonsumsi oleh warga. Untuk saat ini sendiri satu unit sudah dalam kondisi siap, sementara tiga lagi sedang dalam proses persiapan.

AMMDes siap terbang ke Palu dan Lombok- AMMDes siap terbang ke Palu dan Lombok
"Jadi unit ini dikirim hari ini, sisanya tiga lagi itu rencana akan dikirim tanggal 15 Oktober nanti karena unitnya masih proses. Nanti sampai di sana akan langsung diuji dengan IKM Balai Besar Sulawesi," kata Sukiat.

Baca juga: AMMDes Siap Ramaikan Indonesia Modification Expo

Seperti diketahui, AMMDes yang pertama kali resmi diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di ajang GIIAS 2018 lalu, dilengkapi dengan mesin diesel berkubikasi 550 cc dengan tenaga 14 tk. Kendaraan serba guna bergaya pikap ini sudah dilengkapi dengan sistem penggerak power take off (PTO) untuk dihubungkan dengan beragam alat pertanian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com