Sukiat Tidak Terlibat Pengembangan Mobil Esemka

Kompas.com - 09/10/2018, 10:02 WIB
Sukiat pelopor Esemka era Jokowi STANLY RAVELSukiat pelopor Esemka era Jokowi
Penulis Stanly Ravel
|


KLATEN, KOMPAS.com - Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) Sukiat, kembali buka suara soal adanya produksi mobil Esemka di pabrik Boyolali, Jawa Tengah.

Menurut Kiat, rencana kabar produksi tersebut tidak ada sangkut paut dengan rencana pengembangan mobil penumpang (passanger car), yang sedang dirancang olehnya.

"Beda itu bukan saya, Esemka sekarang sudah tidak ada kaitannya dengan Kiat. Saya itu memang yang gagas Esemka, tapi itu dulu saat awal-awal sampai prototipe yang kesembilan," ujar Kiat saat Kompas.com menyambangi kantornya di Klaten, Jawa Tengah, Senin (8/10/2018).

Baca juga: SUV Esemka Bakal Melawan Fortuner dan Pajero Sport

Kiat menjelaskan meskipun ada rencana membuat kembali mobil nasional yang sempat dibicarakan beberapa waktu lalu, nantinya tidak akan menggunakan brand Esemka, namun Kiat Mahesa. Tapi hal itu pun belum matang, karena fokusnya sampai saat masih mengenai kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes).

Berita soal produksi dan peluncuran Esemka kembali naik daun menurut Kiat karena adanya pernyataan dari calon wakil presiden tandem Joko Widodo, Ma'ruf Amin, yang menyatakan mobil nasional bernama Esemka akan diluncurkan Oktober ini.

Pabrik Esemka di Boyolali dengan papan nama PT Solo Manufaktur Kreasi.STANLY RAVEL Pabrik Esemka di Boyolali dengan papan nama PT Solo Manufaktur Kreasi.

"Jadi Pak Ma'ruf Amin bilang mau ada peluncuran Esemka Oktober ini. Pernyataan itu saat beliau sedang kunjungan ke pondok pesantren di Jember. Nah, soal ini disangkutkannya ke saya, saya tidak tahu apa-apa, untuk Esemka yang saat ini itu siapa saja juga tidak tahu saya," kata Kiat.

Baca juga: Jawaban Menperin Ketika Ditanya Soal Esemka

Dari beberapa pemberitaan, Ma'ruf Amin memang sempat memberikan peryataan saat dirinya sedang berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) di Jember, Jawa Timur pada akhir September 2018 lalu.

Calon wakil presiden tersebut menyatakan bahwa mobil nasional Esemka yang pernah dirintis oleh Jokowi akan diluncurkan Oktober 2018 usai memberikan tausiah di hadapan ratusan santi Nahdlatul Ulama.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X