Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Ertiga Jadi Mobil Orang Kaya di India

Kompas.com - 04/07/2018, 15:17 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Posisi produk generasi baru Ertiga meningkat di India menjadi kelas premium. Menurut laporan Car Dekho, Senin (2/7/2018), penjualannya bakal dilakukan di jaringan diler premium Maruti Suzuki bernama Nexa.

Sejak 2015 Maruti Suzuki memilah kasta produk-produk di India dan menawarkannya di jaringan diler yang berbeda. Buat kendaraan penumpang kelas premium ditawarkan di diler Nexa, seperti Ignis, S-Cross, Ciaz, dan Baleno.

Sedangkan produk kelas masyarakat, yakni Ertiga, Wagon R, Alto, Celerio, dan Vitara Brezza, dijual di diler Arena.

Baca juga: Kasta Mobil Suzuki di India

Pemilahan produk Suzuki di India bukan berdasarkan harga mobil, mengingat banderol Ignis lebih murah dari Ertiga ataupun Vitara Brezza namun ditawarkan di Nexa. Penilaian yang dilakukan Maruti Suzuki, misalnya pada Ignis, dianggap produk eksklusif, bukan produk produksi massal.

Baca juga: Di India, Ignis Mobil Orang Kaya

Bisa jadi, generasi baru Ertiga naik kelas karena dirancang memakai platform baru, Heartect. Platform modern itu sudah digunakan sebagai basis Ignis dan generasi baru Baleno.

Generasi baru Ertiga telah menjalani debut di Indonesia pada April lalu. Versi India rumornya meluncur pada November.

Baca juga: Ertiga Juga Pakai Transmisi Manual 6-Percepatan?

Beda seperti di Indonesia, dari penampakan spyshot yang sudah beredar di internet, generasi baru Ertiga di India menggunakan transmisi 6-percepatan. Selain itu, opsi mesin diesel 1.3L pada model lama kemungkinan diganti menjadi 1.5L. Mesin bensin 1.5L masih ditawarkan di generasi baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com