Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Kecelakaan di Bogor, Perhatian Terhadap Blindspot Kendaraan

Kompas.com - 29/06/2018, 19:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah rekaman kecelakaan yang terjadi di Bogor, Jawa Barat tengah viral di media sosial. Rekaman kecelakaan tersebut memperlihatkan pengendara ojek onlie dan penumpangnya terserempet bus yang tengah berbelok hingga terjatuh.

Dari peristiwa ini banyak warganet menyebutkan sebagai kelalaian pengemudi bus terhadap titik buta atau blindspot kendaraannya. Ini juga diyakini oleh Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu.

"Pertama ada ketidaktahuan terhadap blind spot, kedua ada kelalaian. Patut diduga sopir yang mendahului di tikungan melakukan kelalaian," ucap Jusri yang dihubungi Jumat (29/6/2018).

Titik buta atau blind spot sendiri diartikan sebagai bidang pandang yang tidak terlihat. Dalam kasus kendaraan seperti mobil atau bus, titik mati disebabkan kehadiran pilar-pilar di kendaraan serta penyebab-penyebab lain.

Baca juga: Pilihan Asuransi Murah Buat Pengendara Motor

Jusri melihat sopir tidak memperhatikan sudut belok yang mengecil. Ini yang menyebabkan pengendaramotor tidak memiliki ruang untuk menghindar dan terjadi kecelakaan.

Catatan juga diberikan kepada pengendara motor, dalam hal ini kealpaan untuk melihat ancaman di sekelilingnya.

"Ancaman ada dari mana saja, tidak hanya depan. Dalam banyak kasus bahkan bisa dari atas," ucap Jusri.

Bagi pengendara motor, untuk selalu awas memperhatikan sekelilingnya baiknya setiap lima sampai delapan detik membiasakan diri mengecek kaca spion. Saat ingin bermanuver tidak lupa untuk menoleh agar memastikan kondisi ruang yang akan dimasuki, apakah aman atau sedang ada kendaraan yang tidak terlihat dari spion.

Peristiwa ini juga mengingatkan betapa beresikonya untuk berkendara dekat dengan kendaraan-kendaraan besar. Untuk menghindari kejadian buruk, disarankan untuk tidak berkendara dekat dengan kendaraan besar yang memiliki banyak titik buta

Diketahui akibat kecelakan yang terjadi Rabu (27/6/2018) tersebut, korban yang merupakan seorang dokter bernama Rizaldi Hutanto (43) meninggal di tempat.

 

Kecelakaan terjadi di tikungan selepas tol Jagorawi, persis di depan Terminal Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Korban diketahui bernama Rizaldi. Sehari-hari ia berfrofesi sebagai dokter. Dalam rekaman CCTV berdurasi 1 menit di atas, awalnya arus lalu lintas terlihat lengang, hingga kemudian pada detik ke 13 nampak sebuah bus Sumber Alam yang melaju dari arah Kebun Raya Bogor berbelok ke arah Tol Jagorawi. Tak disangka, ternyata di samping kiri bus terdapat ojek online yang tengah membawa penumpang bernama Rizaldi. Keduanya terjatuh, tapi hanya Rizaldi yang terlindas. Sedangkan pengemudi ojol dikabarkan selamat meski mengalami luka yang cukup serius. #kecelakaan #baranangsiang #bogortimur #bogor #jawabarat #riweuh

A post shared by ???? ???? ???? ???? ???? ???? _???? ???? (@riweuh_id) on Jun 28, 2018 at 5:59am PDT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com