Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Karakter Konsumen Mobil Bekas

Kompas.com - 18/04/2018, 08:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bekas alias mobkas masih menjadi pilihan buat masyarakat yang ingin punya kendaraan bermotor. Alasan utama, yaitu mengenai harga sudah pasti lebih murah dan kualitas yang ditawarkan pun masih cukup bagus.

Bicara mengenai segmen, mobil bekas dengan mobil baru ternyata tetap sama saja. Mulai konsumen yang berada di kelas bawah, menengah sampai atas, bahkan masing-masing memiliki karakter tersendiri.

President Director Mobil88 Halomoan Fischer Lumbantoruan menjelaskan, pertama untuk karakter pembeli di kelas bawah, cenderung tidak terlalu peduli dengan kondisi interior atau eksterior.

"Maksudnya mereka mau interiornya sedikit kotor atau penampilannya kurang begitu bagus masih mau membeli," kata Fischer di Jakarta belum lama ini.

Baca juga: Xpander dan Istilah ?Uang Kunci? di Pasar Mobil Bekas

Kedua, lanjut Fischer pembeli di kelas menengah yang mulai peduli dengan kondisi seperti itu. Misal, selalu menginginkan eksterior, interior hingga mesin yang lebih terawat.

Terakhir, konsumen menengah atas yang lebih pemilih. Fischer mencontohkan pembeli Toyota Alphard, selalu ingin yang tahunnya masih muda, dan kualitas interior hingga eksterior masih bagus.

"Mereka kalau beli yang tahun lalu tidak mau, makanya kita sediakan memang yang tahunnya muda. Karakternya memang seperti itu, berbeda-beda," ujar Fischer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com