Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pebalap MotoGP Keluhkan Kondisi Trek Austin

Kompas.com - 21/04/2018, 14:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

AUSTIN, KOMPAS.com - Para rider mengeluhkan kondisi trek Circuit of The America setelah menjalani latihan bebas pertama dan kedua, Jumat (21/4/2018) waktu setempat. Beberapa pebalap yang sudah mencoba sirkuit ini mengungkapkan kondisinya sangat buruk.

"Saya pikir sangat tidak aman untuk berkendara di sirkuit ini. Ada banyak sekali benjolan di aspal. Saya tahu pihak pengelola sirkuit sudah mengupayakan sesuatu, tapi itu sepertinya tidak berhasil," ucap pebalap Pramac Ducati Danillo Petrucci seperti dikutip dari Crash.net, Sabtu (21/4/2018).

Petrucci mengingatkan bahwa ini adalah kejuaraan dunia. Tapi jika harus kecelakaan karena benjolan di trek bukan pilihan yang ingin dilakukan para pebalap saat ini.

Komentar senada juga diungkapkan pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Meski juara dunia tujuh kali ini menyukai bentuk sirkuit ini, kondisi saat ini bisa dikatakan sangat buruk.

Baca juga : Jadwal MotoGP Amerika 2018 Akhir Pekan Ini

"Permukaan sirkuit yang tidak rata ini masalah besar. Bisa jadi ini masalah terburuk yang menimpa saya sepanjang musim," ucap Rossi.

Rossi menggambarkan, sepeda motornya bergoncang sangat banyak di kecepatan 300 kilometer per jam. Belum lagi para pebalap mencoba mengatasi masalah grip pada ban.

Para pebalap sudah menyampaikan kepada pengelola sirkuit Austin tahun lalu, mereka menginginkan peningkatan.

"Memang sudah dilakukan, tapi tidak berhasil. Jadi sekarang situasinya untuk kondisi aspal yang tidak rata cukup krusial," ucap Rossi.

Baca juga : Pemerintah Dukung Balapan MotoGP Digelar di Indonesia Tahun 2020

Rossi menceritakan bagian sirkuit yang tidak rata antara lain tikungan kedua, kesepuluh serta di jalur lurus. Paling besar di tikungan ke-18 yang menurut Rossi bahkan sampai menyentuh fairing sepeda motor.

"Kami jadi seperti pebalap motocross. Saya secara personal sangat menyukai sirkuti ini. Tapi kondisi aspal yang tidak rata ini jadi masalah," ucap Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com