Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasta Mobil Suzuki di India

Kompas.com - 11/02/2018, 07:42 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

New Delhi, Kompas.com – Penjualan Suzuki di India begitu besar, sampai pemegang merek, Maruti Suzuki, merasa harus memisahkan jaringan diler mobil penumpang. Mulai 2015, Maruti Suzuki mendirikan diler premium yang disebut Nexa, dan pada tahun lalu diler-diler yang sudah ada sebelumnya mulai dikemas ulang hingga sekarang disebut Arena.

Pada tahun lalu Maruti Suzuki menjual 1,4 juta unit di India. Puneet Dhawan, Deputy General Manager and Head Corporate Communications Maruti Suzuki India Limited menjelaskan rata-rata pertumbuhan penjualan meningkat 10 persen setiap tahun. Membenahi jaringan ritel merupakan bagian rencana Maruti Suzuki menjual 2 juta unit pada 2020.

Suasana di diler premium Suzuki, Nexa, di India.Febri Ardani/KompasOtomotif Suasana di diler premium Suzuki, Nexa, di India.
Suasana di diler premium Suzuki, Nexa, di India.Febri Ardani/KompasOtomotif Suasana di diler premium Suzuki, Nexa, di India.

Nexa adalah diler yang khusus menjual S-Cross, Baleno, Ciaz, dan Ignis. Sedangkan Arena menjual model mainstream, yakni Dzire, Ertiga, Swift, Vitara Brezza, Wagon R, Alto 800, Alto K10, dan Celerio.

Baca: Mobil Listrik Pertama Suzuki Lahir di Tanah Bollywood

Puneet mengatakan Nexa didirikan untuk konsumen kelas atas yang biasa liburan rutin ke luar negeri dan merasakan layanan hotel bintang lima. Konsumen itu tadinya tidak melirik mobil Suzuki namun sekarang Nexa sukses menjaring lebih banyak konsumen buat Suzuki.

“Jadi, kami membawa pengalaman baru di Nexa, dimana mereka akan merasakan layanan yang normal di industri perhotelan bintang lima,” kata Puneet saat berbincang dengan wartawan asal Indonesia di Delhi Auto Expo, Rabu (7/2/2018).

Setiap konsumen yang membeli mobil di diler premium Suzuki di India, Nexa, diberikan kue tart dan bunga saat unit sampai di rumah. Febri Ardani/KompasOtomotif Setiap konsumen yang membeli mobil di diler premium Suzuki di India, Nexa, diberikan kue tart dan bunga saat unit sampai di rumah.

Di Nexa, layanan yang ditawarkan seperti diler merek mewah di Indonesia. Percakapan dengan konsumen dilakukan di ruangan khusus dengan perabotan mewah, presentasi produk menggunakan gadget, wiraniaga seperti asisten pribadi, dan setiap mobil yang dikirim ke konsumen pasti bersama paket kue tart dan bunga.

Sedan kecil Suzuki Dzire dan SUV kecil Vitara Brezza dijual di diler Suzuki Arena di India.Febri Ardani/KompasOtomotif Sedan kecil Suzuki Dzire dan SUV kecil Vitara Brezza dijual di diler Suzuki Arena di India.

Sementara itu secara bertahap Maruti Suzuki melakukan facelift diler-diler lama menjadi Arena. Desain baru Arena lebih hangat buat konsumen dan modern karena beradaptasi dengan teknologi gadget.

Pemisahan jaringan diler berdasarkan produk menjadi Nexa dan Arena mengastakan konsumen Suzuki di India. Punnet mengatakan kecil kemungkinannya konsumen Nexa akan pergi ke Arena.

Suasana ruang bincang konsumen di diler Suzuki Arena di India.Febri Ardani/KompasOtomotif Suasana ruang bincang konsumen di diler Suzuki Arena di India.

Dijelaskan Puneet saat ini ada di India ada 3.000 diler yang akan berubah menjadi Arena dan sudah berdiri 300 diler Nexa. Sementara itu Maruti Suzuki juga punya 150 diler komersial dan 4.000 bengkel (termasuk yang gabung diler).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com