Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
LAPORAN LANGSUNG DARI DELHI AUTO EXPO 2018

Mobil Listrik Pertama Suzuki Lahir di Tanah Bollywood

Kompas.com - 08/02/2018, 12:45 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

New Delhi, Kompas.com – Kontributor terbesar Suzuki di pasar global, India, bakal mendapat keistimewaan sebagai negara pertama yang memperkenalkan dan menjual mobil listrik Suzuki. Di Delhi Auto Show, Rabu (7/2/2018), Managing Director & CEO Maruti Suzuki India Limited Kenichi Ayukawa menyatakan visi itu bakal menjadi nyata pada 2020.

Sebagai pembuka Maruti Suzuki memperkenalkan model konsep mobil listrik e-Survivor di Delhi Auto Expo 2018. Model yang sudah mendebut di Tokyo Motor Show 2017 itu merupakan pengembangan teknologi listik untuk mobil ringkas dengan sistem gerak empat roda.

Konsep e-Survivor dirancang dari sasis ladder frame yang dibalut bodi ringan. Masing-masing roda punya motor listrik jadi pergerakannya bisa secara individual. Bukan cuma listrik, e-Survivor juga dibekali kemampuan otonomos dan sistem koneksi Suzuki.

“Model ini merupakan bentuk komitmen kami untuk masa depan yang ramah lingkungan. Suzuki akan memperkenalkan mobil listrik pertama di India pada 2020,” kata Ayukawa saat presentasi di atas panggung.

Managing Director & CEO Maruti Suzuki India Limited Kenichi Ayukawa di Delhi Auto Show, Rabu (7/2/2018), Febri Ardani/KompasOtomotif Managing Director & CEO Maruti Suzuki India Limited Kenichi Ayukawa di Delhi Auto Show, Rabu (7/2/2018),

Eksosistem

Ayukawa menjelaskan karena menjadi negara pertama yang menjual mobil listrik Suzuki, maka India butuh ekosistem yang mendukung. Penjabaran ekosistem yang dikatakannya termasuk pengembangan produksi komponen lokal, kemampuan memproduksi mobil listrik, dan mendirikan infrastruktur stasiun pengisian baterai.

Baca: Suzuki India Sarankan Indonesia Produksi Mobil Sendiri

“Visi awal tentang teknologi ramah lingkungan bukan impor atau perakitan, tetapi harus membawa misi ‘made in India’,” ucap Ayukawa.

Sebagai langkah awal, Suzuki Motor Corporation sebagai induk Maruti Suzuki sudah menjalin kerja sama dengan Toshiba dan Denso terkait produksi baterai. Produksinya bakal dilakukan di salah satu fasilitas Suzuki di India, yakni di Gurgaon. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com