Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Akibat Berpindah Lajur Mendadak

Kompas.com - 15/12/2017, 12:42 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 
 
KompasOtomotif - Ketidaksabaran saat mengantre di tengah kemacetan terkadang membuat pengendara mobil berpindah-pindah lajur seenaknya. Tindakan ini padahal bisa mencelakakan pengendara lainnya. 
 
Situasi inilah yang terjadi dalam sebuh video yang viral di media sosial belum lama ini. Dalam video tersebut, terlihat sebuah mobil yang berpindah lajur tanpa melihat kendaraan lain dari arah belakang.
 
 
Saat berada dalam antrean panjang, mobil berwarna putih tersebut langsung berupaya pindah ke antrean di lajur yang ada di sebelahnya. Namun saat mobil ini berpindah lajur, ada seorang pengendara motor yang sedang melaju dari arah belakang di lajur tersebut.
 
Pengendara motor ini tampak tak sempat mengerem dan akhirnya menabrak mobil tersebut. Ia langsung jatuh tersungkur beberapa meter.
 
https://www.instagram.com/p/Bbmi9lMnetL/
 
Belum diketahui secara jelas tempat dan waktu terjadinya peristiwa tersebut. Dari video terlihat pengendara motor masih bisa bangkit usai terjatuh. Namun ia tampak berjalan dengan kaki pincang. 
 
 
Berpindah lajur secara tiba-tiba memang berbahaya. Kalaupun terpaksa dilakukan, pengendara sebaiknya memastikan situasi aman dengan mengecek spion. Tujuannya agar tindakan yang dilakukan tidak merugikan pengendara lain.
 
"Ketika semua sudah dirasa aman, baru berbelok. Kalau tidak aman, jangan belok. Logikanya seperti itu," ucap Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) kepada KompasOtomotif, Kamis (14/12/2017).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com