Menjajal SUV Sokon Glory 580 Produksi Serang (Video) - Kompas.com

Menjajal SUV Sokon Glory 580 Produksi Serang (Video)

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 30/11/2017, 08:02 WIB
Model SUV Sokonindo Glory 580 yang diproduksi pertama dengan setir kanan di Kawasan Industri Modern, Serang, Banten.Ghulam/KompasOtomotif Model SUV Sokonindo Glory 580 yang diproduksi pertama dengan setir kanan di Kawasan Industri Modern, Serang, Banten.

Serang, KompasOtomotif – Saat kunjungan ke peresmian pabrik Sokonindo Automobile di Serang, Banten, mereka juga memajang produk perdana model SUV yang akan diproduksi dan dipasarkan di dalam negeri pada awal 2018.

Merek asal China ini memang secara resmi belum meluncurkan model tersebut, tapi sudah mengizinkan awak media untuk menjajalnya. Namun, memang sangat singkat dan jaraknya cukup pendek hanya berkeliling pabriknya saja.

Bahkan, tak lebih dari lima menit nampaknya mengendarai produk baru yang punya nama Glory 580 ini. Meski begitu, cukup beruntung dapat jatah mencobanya sebelum dijual dipasaran.

Posisi Bekendara

Jok berlapis kulit dengan desain semi-bucketseat, ditambah dengan ketebalan busa yang pas, membuat pinggul dan tubuh “pewe” ketika pertama kali duduk. Pengemudi bisa menyesuaikan posisi berkendara dengan menyetel kursi maju-mundur, maupun sudut sandar (reclining seat) serta kemudi yang bisa diatur up and down.

Baca juga : Mobil China Sokon Glory 580 Dijual Awal 2018

Menggenggam lingkar kemudi juga terasa nyaman, yang juga berlapis kulit. Pada sisi mukanya sudah terdapat tombol-tombol pengatur head unit di sisi kiri setir, sementara sebelah kanan untuk mengangkat telepon.

Baris depan SUV Sokon Glory 580 setir kanan pertama yang diproduksi di Indonesia.Ghulam/KompasOtomotif Baris depan SUV Sokon Glory 580 setir kanan pertama yang diproduksi di Indonesia.

Duduk di kursi sopir, tidak sulit untuk beradaptasi dan menjangkau tombol-tombol pengatur kendaraaan. Hanya saja, redaksi KompasOtomotif sedikit tidak nyaman dengan posisi tombol pengaturan spion yang ada di belakang kemudi di atas lutut kaki kanan. Selebihnya pas.

Performa

Setelah rampung kutak-kutik posisi berkendara, mulai nyalakan mobil dengan injak kopling dan tekan tombol push-start di belakang kemudi sebelah kiri (bukan kanan). Kali ini KompasOtomotif mendapat unit Glory 1.5L turbo dengan transmisi manual.

Dalam kondisi pintu dan kaca tertutup rapat, suara mesin hampir tak terdengar sampai bagian dalam mobil alias cukup kedap. Ini tentu positif ketika orientasinya adalah memberikan kenyamanan kabin.

Jangan terkecoh, transmisi manual 6-percepatan yang disematkan ini punya gigi-mundur ada di samping kiri gigi-satu. Caranya, dari posisi netral angkat tuas pada gagang persenling terlebih dahulu, kemudian geser mentok ke kiri kemudian ke arah atas.

Mesin Sokon Glory 580 1.5L dengan turbo, untuk pasar Indonesia.Ghulam/KompasOtomotif Mesin Sokon Glory 580 1.5L dengan turbo, untuk pasar Indonesia.

Masuk gigi satu dan mulai berjalan dan kopling tidak terasa keras maupun terlalu empuk, serta perpindahan ke posisi gigi dua maupun tiga juga tidak kasar dan sulit. Saat ada di posisi gigi kedua, menjajal menekan pedal gas sedikit dan ternyata tenaganya cepat terasa naiknya.

Sempat meliuk-liukkan mobil pada trek lurus, mobil bisa dikontrol baik tidak teralu boyo. Handling-nya tidak menyulitkan untuk bermanuver atau tetap terjaga ketika melaju lurus dalam kecepatan tinggi.

Memang belum sepantasnya mengambil kesimpulan soal SUV terbaru Glory 580 ini, tapi kencan singkat pertama bersamanya ini cukup berhasil menyedot daya tarik, walaupun belum sampai membuat jatuh hati.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM