Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Rekomendasi Pabrik Mobil Sokon ke Jokowi

Kompas.com - 29/11/2017, 09:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Serang, KompasOtomotif – PT Sokonindo Automobile, resmi mengoperasikan pabrik di Cikande, Serang, Banten, Selasa (28/11/2017). Gelontoran investasinya sampai 150 juta dollar AS atau Rp 2 triliunan, dan rencananya akan dinaikkan menjadi 300 juta dollar AS untuk membangun pabrik mesin.

Bukan sekedar pabrik, fasilitas produksi Sokonindo ini sudah mengimplementasi standar Industry 4.0 dan FMS (Flexible Manufacturing System), di mana 65 persen proses produksi menggunakan tenaga robot dan terkomputerisasi.

Jika melihat Toyota saja, sang raksasa otomotif dalam negeri, pabriknya baru sekitar 20 persenan mengadopsi teknologi robot untuk memproduksi kendaraannya.  

"Pabrik mobil Sokonindo ini bisa disebut sebagai smart factory, dan dikenal dengan sebutan Industry 4.0, berstandar international dengan tingkat kepresisian dan daya saing yang tinggi. Penggunaan tenaga robot di parik ini mencapai 65 persen, dengan cara kerja konsisten, efisien dan tentu saja ketelitian yang hampir 100 persen," ujar Alexander Barus, CO-CEO  Sokonindo, Selasa (28/11/2017).

Baca juga : Merek China Sokon, Resmikan Pabrik di Tangerang

Proses produksi yang menggunakan robot di pabrik Sokonindo CIkande, Serang, Banten.Ghulam/KompasOtomotif Proses produksi yang menggunakan robot di pabrik Sokonindo CIkande, Serang, Banten.

Rekomendasi ke Jokowi

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengapresiasi pabrik mobil Sokonindo, yang sudah mengadopsi teknologi modern. Bahkan, Airlangga berencana menjadikan pabrik ini sebagai tempat belajar link and match antara dunia pendidikan dan industri (program vokasi), dan akan dilaporkan ke Prsiden Jokowi.

“Sekali lagi Indonesia tidak ketinggalan, di mana kita bersama negara lain juga sudah masuk ke dalam Industry 4.0. Minimal tahun depan Sokonindo akan mendukung lima SMK, dan program studi di pabrik ini untuk industri robotik,” ujar Airlangga.

“Saya pikir ini menjadi yang ter-advance, nanti saya laporkan ke Bapak Presiden bahwa kalau diatur dekat-dekat sini mungkin kita bisa lihat pabriknya bersama Bapak Presiden, dan kami akan usulkan ke beliau,” ujar Airlangga.

PT Sokonindo Automobile merupakan perusahaan manufaktur otomotif hasil joint venture antara Sokon Group Company Limited asal Hongkong, dengan PT Kaisar Motorindo Industri dari Indonesia. Sebelumnya Sokon Group telah menjalin kerjasama dengan Dongfeng Motor Corporation  produsen otomotif milik pemerintah China dan memasarkan produk bermerek DFSK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com