Kompas.com - 17/10/2017, 11:22 WIB
Jas hujan yang nyaman Motorcycle-jackets-rainJas hujan yang nyaman
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Jakarta dan sebagian besar kota di Indonesia telah memasuki musim hujan. Bagi pengendara motor berkendara di musim hujan membutuhkan persiapan untuk berkendara aman dan lancar.

Salah satunya adalah jas hujan yang wajib selalu dibawa ketika berkendara. Untuk jenisnya saat ini banyak tersedia jas hujan jenis two piece, jaket dan celana serta ponco.

"Usahakan memilih model jas hujan dua bagian (two piece) yakni jaket dan celana. Jangan memilih ponco untuk berkendara. Sederhana saja alasannya, bukan soal bahaya," ucap Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) saat dihubungi Minggu, (15/10/2017).

Menurut Jusri, pemilihan jas hujan model ponco akan membuat pengendara tidak nyaman saat berkendara. Bahan yang besar menutupi badan membuat gerak pengendara motor menjadi terbatas.

Baca : Bikers, Ingat Cara Berbelok yang Benar Saat Hujan

Kedua soal keselamatan, jas hujan ponco punya sejarah panjang membuat kecelakaan. Terutama bila bahannya terlalu panjang dan menjuntai tak beraturan, membuat kesempatan tersangkut ke roda semakin besar.

"Belum lagi ketika hujan disertai angin, ponco berbahaya. Area besar di depan menangkap angin, lebih mudah bagi pengendara untuk goyang. Jadi cukup banyak alasan untuk memilih model jas hujan two piece," ucap Jusri.

Selama ini jas hujan ponco banyak dipilih karena awalnya dibuat untuk berkegiatan, bukan untuk berkendara. Selain itu banyak penggemarnya yang memilih ponco karna sanggup melindungi bawaan seperti tas punggung yang berukuran besar. Namun ketika berkendara, kemungkinan menjadi penyebab kecelakaan lebih besar.

Model jas hujan two piece di pasaran dijual dengan banderol harga mulai Rp 100.000 hingga jutaan. Mulai merek lokal hingga merek internasional serta beragam pilihan bahan dan model.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.