Butuh Modal Berapa untuk Modifikasi Motor? - Kompas.com

Butuh Modal Berapa untuk Modifikasi Motor?

Alsadad Rudi
Kompas.com - 16/11/2017, 11:42 WIB
Sebuah motor yang sedang dalam proses modifikasi bergaya trail di bengkel custom Garasi 689, Depok.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Sebuah motor yang sedang dalam proses modifikasi bergaya trail di bengkel custom Garasi 689, Depok.

Depok, KompasOtomotif - Modifikasi adalah salah satu cara untuk mengubah tampilan motor lama agar menarik kembali. Lewat modifikasi pula, sang pemilik dapat mengubah tunggangannya sesuai dengan selera.

Namun demikian, selera yang diinginkan oleh pemilik motor juga harus menyesuaikan dengan dana yang dimiliki.

Pada Rabu (15/11/2017), KompasOtomotif berkeliling ke sejumlah bengkel-bengkel modifikasi yang ada di Depok, dari mulai bengkel yang melayani modifikasi bertema custom culture hingga yang mengusung konsep trail.

Seluruh pemilik bengkel tidak memberi batasan nominal tertentu. Karena semua tergantung dana yang dimiliki oleh pemilik motor.

Baca juga : Bisnis Modifikasi Motor Mulai ?Goyang?

Sebuah motor yang sedang dalam proses dimodifikasi di bengkel custom Clacustique, Depok.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Sebuah motor yang sedang dalam proses dimodifikasi di bengkel custom Clacustique, Depok.

Kesimpulan ini diutarakan Maiyudi, pemilik bengkel custom Clacustique. Di bengkel yang melayani modifikasi bertema custom culture ini, konsumen dapat memodifikasi motor dengan dana berapapun.

Sampai sejauh ini, Maiyudi menyebut biaya paling minim untuk modifikasi motor yang dikerjakannya berada pada kisaran Rp 7-8 juta.

"Budget paling minim Rp 7-8 juta. Cuma bisa dikondisikan lagi sama kemampuan orangnya, dia punya dana berapa. Kita tetap bikin sesuai referensi gambarnya sama persis. Tapi catatannya barangnya second, tidak bisa yang baru," kata Maiyudi.

Sejumlah motor hasil modifikasi di bengkel custom Clacustique, Depok.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Sejumlah motor hasil modifikasi di bengkel custom Clacustique, Depok.

Baca juga : Tren Modifikasi RX King, Hilangkan Kesan Motor Maling

Di bengkelnya, Maiyudi membebaskan konsumen untuk memesan spare part yang dibutuhkan dari dia atau mencari sendiri.

"Kalau full berarti semua dicarikan dari sini. Semua disediakan dari sini. Tapi kalau yang senang hunting, bawa saja barangnya ke sini. Nanti cuma tinggal bayar jasa," kata pria yang akrab disapa Negro ini.

Hal serupa diutarakan Cece Suharja, pemilik bengkel Garasi 689 yang mengusung konsep modifikasi trail. Namun, kata Cece, untuk modifikasi dengan dana minim Rp 3-4 juta biasanya hanya terbatas untuk sektor perombakan mesin.

"Kalau sampai ke body bisa Rp 17 juta. Tapi tergantung requestnya juga. Karena pernah juga ada yang sampai Rp 24 juta," ucap Cece.

Sejumlah motor hasil modifikasi di bengkel custom Garasi 689, Depok.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Sejumlah motor hasil modifikasi di bengkel custom Garasi 689, Depok.

PenulisAlsadad Rudi
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM