Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Modifikasi RX King, Hilangkan Kesan "Motor Maling"

Kompas.com - 08/11/2017, 08:22 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ubahan pada berbagai aspek kerap dilakukan pecinta modifikasi sepeda motor. Bagian yang diubah mulai bagian dalam pada mesin, hingga tampilan motor.

Mengulas kembali ragam ubahan tampilan pada Yamaha RX King, ternyata ada siklus yang unik jika diperhatikan. Sebab jika dahulu banyak yang mengubah tampilan tunggangannya itu dengan beragam warna, kini motor RX King justru banyak dimodifikasi seperti tampak asli keluaran pabrik.

Abdul Azis, pemilik bengkel cat Gev’s Paint menceritakan, sekitar 2003 hingga 2005 lalu dirinya pernah menerima banyak orderan memodifikasi warna pada motor sport pabrikan Yamaha tersebut.

Baca juga : Harga Yamaha RX King Kian Melambung, Sampai Rp 22 Juta

”Seminggu kami bisa diorder ngecat model grafis-grafis, airbrush, dan polosan bisa 3 set (motor),” kata Azis saat ditemui KompasOtomotif di kediamannya di bilangan Joglo, Jakarta Barat, Selasa (7/11/2017).

Abdul Azis, pemilik bengkel cat Gevs Paint saat ditemui di kediamannya di bilangan Joglo, Jakarta Barat, Selasa (7/11/2017).Fachri Fachrudin Abdul Azis, pemilik bengkel cat Gevs Paint saat ditemui di kediamannya di bilangan Joglo, Jakarta Barat, Selasa (7/11/2017).

Menurut dia, saat itu pemilik motor RX King merasa lebih percaya diri jika tampilan motornya “mencolok mata” karena warnanya tidak lagi sesuai aslinya. Apalagi, jika tubuh kuda besi 135cc itu dipenuhi berbagai warna atau goresan grafis. Hal ini seperti menjadi identitas bagi pemilik motor tersebut ketika berkendara di jalan.

“Tahun 2005 ke bawah masih ramai modifikasi warna. Tahun 2014 hingga sekarang, orang-orang mainnya bukan modifikasi, tapi main orisinil. Sampai tangki bensin saja banyak yang memilih membeli baru daripada ngecat. Mereka mengejar nilai keantikannya, buat koleksi juga,” kata dia.

Azis mengaku, beberapa waktu belakangan sudah jarang menerima orderan memodifikasi warna pada RX King. Terakhir, dua bulan lalu seorang pelanggannya meminta agar dilakukan ubahan warna pada bagian mesin motor.

Baca juga : Minat Berburu RX King, Perhatikan Ini

Motor RX King milik Aryo, jurnalis salah satu media televisi swasta. (Dokumentasi pribadi).Fachri Fachrudin Motor RX King milik Aryo, jurnalis salah satu media televisi swasta. (Dokumentasi pribadi).

Sementara itu, Aryo, seorang jurnalis di salah satu media televisi swasta yang kesehariannya mengendarai RX King dalam bertugas mengakui bahwa kekinian tren modifikasi RX King mulai bergeser, kembali ke tampilan asli. Berbeda dari beberapa tahun lalu, di mana beberapa bagian justru dilepaskan. Bahkan, dapat dikatakan bahwa modifikasinya menyalahi aturan yang berlaku.

Ia pun sedikit berkelakar soal keunggulan motor RX King dalam hal kecepatan yang diibaratkan seperti “motor jambret”. Tampilan dengan sejumlah bagian yang dilepaskan seolah menegaskan kegarangan motor tersebut.

“Jadi, sekarang (tampilannya) lebih ‘berkiblat’ ke standar, modifikasinya pakai spidometer, kaca spion, kelihatan lebih padet juga rapih. Kayak penjahat tobat,” ujar Aryo saat dihubungi.

Baca juga : Kisah Sekelompok Pemuda Memoles RX King Butut Pengemudi Ojek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com